oleh

Waringin Timur Belajar Layanan Angkutan Gratis Ke Tabalong

METRO7.CO.ID, Tanjung – Sejumlah anggota DPRD Kabupaten Kota Waringin Timur Kalimantan Tengah berkunjung di Tabalong, kedatangan rombongan Tanah Tambun Bungai, pada Selasa (6/3/2018) ini disambut Asisisten Bidang Pemerintahan Setda H Zulfan Noor didampingi Kepala Kepala Dinas Perhubungan Imam Fakhrullazi di aula Penghulu Rasyid Kantor Pemerintah Kabupaten Tabalong.
Selaku Ketua rombongan DPRD Kota Waringin Timur yang juga Ketua Komisi IV DPRD, Hansin menjelaskan, jika kedatangan mereka di Kabupaten Tabalong untuk belajar dalam hal penyediaan dan pelayanan angkutan umum bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Tabalong.

Dipilihnya Tabalong sebagai wadah tujuan belajar, menurut Hansin, karena kultur budaya antara masyarakat Kabupaten Kota Waringin Timur dan Kabupaten Tabalong hampir sama.

“Makanya atas pertimbangan-pertimbangan inilah kami mengambil kesimpulan untuk melakukan kunjungan kerja ke Tabalong ini,” beber Hansin dalam pertemuan tersebut.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong Imam Fakhrullazi memaparkan keberadaan pelayanan angkutan umum gratis di Tabalong.

Dimana program angkutan ini, merupakan Program kemitraan Pemerintah Kabupaten Tabalong dengan Perusahaan PT Adaro Indonesia yang mana pihak perusahaan pertambangan tersebut sebagai penyedia sarana angkutan umum gratis, kemudian untuk operasional angkutan nasyarakat dilakukan oleh Dinas Perhubungan dengan dibiayai dana APBD.

Program yang dimulai sejak tahun 2014 lalu didasari Undang -Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang LLAJ dimana Perintah Daerah mempunyai kewajiban menyediakan angkutan orang dan barang dalam wilayah Kabupaten.

Sebelumnya telah dilakukan survei dan kajian terkait rencana penyediaan layanan angkutan umum yang selanjutnya dimulai dengan penyediaan lima unit mobil suzuki AVV tahun 2014 untuk melayani masyarakat ditiga rute yaitu rute selatan keutara, utara keselatan dan rute barat ketimur sehingga semua ruas jalan bisa terlewati, sedangkan dalam operasionalnya tersentral dipusat angkutan di dekat taman kota Tanjung.

Sampai saat ini sudah tersedia sebanyak 23 unit angkutan umum gratis terdiri 18 unit AVV dan 5 unit bus ellife.

Dalam operasinal angkutan setiap hari unit mobil AVV dikhususkan masuk wilayah yang jalannya terbilang kecil, jam operasional dibagi dua shiff jam.06.30 wita sampai jam 12.00 wita dan jam 12.00 wita sampai jam 17.30 wita, angkutan umum gratis diutanamakan untuk angkutan pelajar.

Masih penjelasan paparan dari Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong dalam hal program pengadaan layanan angkutan umum yang bisa ditiru pihak rombongan DPRD Kota Waringin Timur.

Dalam kunjungan tersebut rombongan DPRD Kota Waringin Timur juga mengikut sertakan pihak Dinas Perhubungan dan staf sekretariat DPRD, sedangkan dari Pemerintah Kabupaten Tabalong juga turut berhadir Sekretaris Dinas Perhubungan Khairul Anwar, Kepala UPT Bandara Warukin Riski, Kabid Sarana dan prasarana Suwardi, Kepala UPT Pengujian kendaraan bermotor Miko, Kepala seksi pengadaan perlengkapan jalan Muhadir, Kepala seksi manajemen dan rekayasa jalan Lili, Kepala seksi perparkiran Parjanto dan staf Dinas perhubungan. (Metro7/VIA)