oleh

Wujud Syukur, Warga Tohie Desa Uwie Gelar Sedekah Bumi

Wujud Syukur, Warga Tohie Desa Uwie Gelar Sedekah Bumi

TANJUNG – Tradisi sedekah bumi bagi masyarakat Dusun Tohie di Desa Uwie Kecamatan Muara Uya Kabupaten Tabalong masih terjaga dan tetap dilakukan warga setiap setahun sekali.

Kali ini kegiatan tradisi sedekah bumi tahun 2019 dilaksanan Senin tadi.

Kepala Desa Uwie Alfia mengatakan kegiatan tradisi yang dilaksanakan setiap tahun ini adalah sebagai bentuk rasa syukur atas karunia alam yang diberikan tuhan kepada warganya.

Dalam pelaksanaannya warga bergotong royong dengan kompak penuh kebersamaan, yang ditunjukan dengan membawa berbagai aneka macam hasil bumi dalam kegiatan sedekah bumi.

“Gotong royong dan kekompakan dan kebersamaan warga desa seperti haruslah kita pertahankan, ia berharap semoga desa Uwie lebih maju, masyarakat lebih sejahtera,” katanya.

Kemeriahan kegiatan sedekah bumi nampak terlihat iring arak-arakan kelompok warga mengelilingi desa sambil membawa gunungan berisi buah dan sayur-sayuran menjadi ciri khas dalam kegiatan tradisi sedekah bumi warga dusun Tohie di Desa Uwie Kecamatan Muara Uya.

Turut hadir Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani dalam kegiatan tradisi tahunan warga dusun Tohie, dalam sambutannya ia menyatakan apresiasi kebersamaan warga dalam menjalin persatuan, sehingga dapat terwujud mempertahankan kegiatan tradisi sedekah bumi sudah puluhan tahun sudah.

Pada kesempatan itu Bupati Anang menegaskan bahwa dengan kegiatan seperti ini sebagai wujud rasa syukur, ia juga berharap agar warga tidak melupakan kewajiban yaitu mengeluarkan sebagian penghasilan berupa kewajiban zakat untuk warga yang kurang mampu, atau yang berhak menerimanya.

“Kalau kita bersyukur maka rezeki kita akan semakin bertambah, dan dengan mengeluarkan infak maupun sedekah pasti nikmat akan bertambah,” katanya.

Kegiatan seperti ini diharapkan tumbuh berkembang dan semakin maju, memperoleh berkah yang lebih besar, berlipat ganda jumlahnya serta masyarakat lebih sejahteta.

Tak lupa Bupati Anang berpesan, lanjutkan kegiatan ini dan dirancang dengan sebaik-baiknya, agar lebih besar lagi, libatkan pihak pemerintah Kecamatan sehingga nampu menjaga dan melestarikan tradisi yang memiliki nilai berbasis budaya yang luhur.(metro7/via).