TANJUNG — Upaya pelestarian dan penghijauan lingkungan adalah tanggung jawab bersama dengan berpartisipasi dalam penghijauan. Di bekas tambang PT Adaro Indonesia, Kodim 1008/Tjg beserta Kompi Senapan A 621/Mtg, Polres Tabalong, OKP, LSM, Pramuka dan karyawan PT Adaro Indonesia dan Subkonnya telah mencanangkan penghijauan di Low Wall Disposal Pama Km 77 dengan tema “Program Penghijauan Dalam Rangka Hari Lingkungan Hidup,” Rabu (27/06/2012) tadi.
Penghijauan dilaksanakan dengan menanam seribu pohon, terdiri atas bibit terembesi (200 batang), Gamalina (200 batang), Akasia (200 batang), Lamtoro (200 batang), dan Kalindro (200 batang). Seluruhnya merupakan sumbangan dari PT Adaro Indonesia. Penanaman ini akan berlanjut dan untuk 1 bulan sudah tertanam 20.300 pohon.
Sebelum aksi penanaman, acara didahului dengan sambutan Komandan Kodim 1008/Tjg Letnan Kolonel Inf Bambang Indrayanto, yang menyampaikan ungkapan terima kasih kepada PT Adaro Indonesia atas sumbangsih bibit dan dukunganya terhadap kegiatan tersebut.
“Program ini sangat penting untuk penghijauan hutan yang telah gundul. Apa yang kita lakukan hari ini merupakan langkah penting dan positif untuk menciptakan kondisi lingkungan yang hijau dan asri dan kelak Insya Allah akan mendatangkan hasil bagi anak cucu generasi penerus kita,” ujarnya.
Hadir dalam acara tersebut antara lain Kapolres Tabalong yang diwakili Kabag Ops, Kepala Kejaksaan Negeri Tanjung, Kepala Teknik Tambang PT Adaro dan sejumlah undangan lainnya.

Selain penanaman seribu pohon, ,jajaran Kodim 1008/Tjg juga melaksanakan beberapa kegiatan karya bhakti dalam rangka hari ulang tahun ke-54 Kodam VI/Mulawarman. Di antaranya karya bhakti Jum’at bersih di Taman Kota Tanjung dan sekitarnya (29/6/2012) kemarin yang dipimpin langsung Kasdim 1008 Tanjung Mayor Inf Djoko Soesilo. Metro7/Via