BANJARMASIN — Mengaku ingin mengumpulkan uang buat anak istrinya menjelang Lebaran, Rahman (27) nekat melakukan Pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor).
Akibat perbuatannya, warga Desa Pajau, Kabupaten Batulicin, ini akhirnya ditangkap polisi dan bakal berlebaran di dalam penjara. Pria yang pernah ditangkap dalam kasus yang sama ini diringkus anggota Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Kalsel yang menyamar sebagai penadah sepeda motor hasil curian, Minggu (5/8/2012) lalu.
Rahman diciduk sesaat setelah menyerahkan sepeda motor Yamaha Vixion yang dicurinya bersama dengan Ahmad Dafur (masih buron), di sebuah Warnet di kawasan Jln Gatot Subroto, Banjarmasin Timur, beberapa waktu lalu.
Untuk membekuk pelaku, petugas yang sudah mengetahui identitas pelaku menjebaknya untuk melakukan transaksi sepeda motor curian.
Setelah menyepakati harganya, pelaku menyuruh petugas yang menyamar menunggu di parkiran kawasan Pasar Sentra Antasari. Setelah ditunggu, ternyata pelaku berubah pikiran dan menghubungi anggota yang menyamar agar menemui dekat SPBU di kawasan Gambut, Kabupaten Banjar
Tak mau buruannya kabur, petugas langsung meluncur ke Gambut. Setelah bertemu dengan pelaku, petugas langsung menangkapnya bersama dengan barang bukti sepeda motor curian.
Dari pengakuan Rahman, ia mengambil sepeda motor tersebut bersama dengan Ahmad Dafur.
“Saya sebenarnya sudah berhenti mencuri sepeda motor setelah keluar dari penjara karena pencurian juga,” ujarnya.
Tapi lanjutnya, karena butuh uang menjelang Lebaran, ia terpaksa menerima ajakan Dafur setelah diiming-imingi uang Rp2 juta untuk mencuri sepeda motor.
“Saya tak menyangka kalau dipenjara lagi,” ucapnya seraya memohon maaf kepada anak istrinya atas perbuatannya tersebut.
Kasubdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Kalsel AKBP Frans Julius T membenarkan pihaknya mengamankan seorang pelaku Curanmor.
“Rencananya, pelaku bersama dengan barang bukti sepeda motor curian ini mau diserahkan ke Polresta Banjarmasin karena laporannya di sana. Kami hanya membantu menangkap saja,” tegasnya. Metro7/usy