Bupati HST Dr Ir H harun Nurasid MM MT kembali mengingatkan seluruh komponen masyarakat agar berhati-hati terhadap musibah kebakaran. Apabila ingin meninggalkan rumah ataupun mau tidur di waktu malam hari, supaya memastikan semua kondisi rumah dalam keadaan aman.
“Kita tidak tahu musibah akan terjadi di mana dan kapan saja, sehingga tidak ada salahnya untuk selalu waspada dan berdo’a kepada Tuhan agar melindungi kita semua,” ingat Harun.
Hal itu disampaikannya dalam kesempatan penyerahan secara langsung bantuan tunai kepada korban kebakaran yang terjadi di Desa Mandingin, Barabai, Kamis (30/8/2012) lalu.
Sementara, Camat Barabai, Drs Noriyono mengungkapkan bahwa kejadian ini menjadi pelajaran dan ujian bagi semua, dan harus lebih berhati-hati agar terhindar dari musibah kebakaran maupun musibah lainnya.
“Kita sedang memasuki musim kemarau, dan musibah kebakaran di Kabupaten HST sudah sangat sering terjadi. Di lain hari mudah-mudahan tidak terjadi musibah kebakaran lagi,” harapnya.
Sebagaimana diketahui, musibah kebakaran yang terjadi di Desa Mandingin pada Jum’at 24 Agustus 2012 lalu sekira pukul 15.20 WITA menghanguskan lima buah rumah warga. Di antaranya adalah rumah Suriansyah, Rumainor, M Yusuf, Abdullah, Sahruni dan Antarullah.
Kepala Kantor Kesbangpol HST, Ir Kemat mengatakan bahwa jumlah uang tunai yang diberikan untuk masing-masing KK sebanyak Rp4 juta rupiah dan Rp1,5 juta untuk salah satu warga yang kerugiannya hanya sedikit.
“Bantuan ini janganlah dilihat dari nilainya, namun lihatlah dari kepedulian pemerintah daerah kepada warga yang tertimpa musibah kebakaran,” ujar Bupati HST, Ir H Harun Nurasid.
Dengan kejadian ini ujarnya, semoga semuanya diberikan kesabaran dan keikhlasan. Banyak hikmah yang dapat dipetik, seperti melatih kesabaran dan ini merupakan ujian dari Allah SWT.
Prosesi penyerahan bantuan tersebut turut dihadiri Kepala Kesbangpol Ir Kemat, para kepala SKPD lainnya, tokoh masyarakat dan tokoh agama serta seluruh masyarakat Desa Mandingin, Kecamatan Barabai. advhst