Paringin–Sebagai daerah yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani, sudah selayaknya Kantor Perpustakaan, Dokumentasi dan Arsip Daerah (Perpusda) Kabupaten Balangan menyediakan bahan bacaan tentang usaha pertanian dan pengembangan ekonomi masyarakat.
Kepala Kantor Perpusda Kabupaten Balangan, Ribowo, mengatakan pihaknya telah menggelar sosialisasi buku-buku terkait peningkatan dan pengembangan usaha pertanian serta industri rumah tangga. Sosialisasi itu dilaksanakan bersama sejumlah instansi terkait di Bumi Sanggam.
Dijelaskannya, selama ini Perpusda terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada para pengunjung. Diantaranya dengan membenahi ruang baca umum, ruang baca referensi dan manajemen katalog. Selain itu disediakan juga perangkat komputer dan hotspot area.
Ribowo berharap masyarakat tidak menganggap perpustakaan hanya sebagai tempat rekreasi untuk membaca dan meminjam buku. Lebih dari itu, perpustakaan hendaknya dijadikan media yang mampu mengakomodir kebutuhan masyarakat secara luas. Pelajar dan mahasiswa yang membutuhkan bacaan belajar tambahan serta menjadikan areal perpustakaan sebagai tempat yang memfasilitasi mereka belajar. Begitu juga kalangan pengusaha dan profesi lainnya.
Selama ini pengunjung Perpusda masih didominasi oleh kalangan pelajar dan mahasiswa. “Padahal kami juga menargetkan kalangan pelaku usaha kecil dan petani,” ucapnya.
Dituturkannya,kedepan melalui program dan gelaran even seperti seminar,sosialisasi dan pelatihan pihaknya akan berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat secara lebih efektif guna pengembangakan usaha ekonomi serta industri kecil. Metro/Sri