Barabai — Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Harun Nurasid bersama Ketua Tim Penggerak PKK Hj Tintainah Harun Nurasid menghadiri acara kegiatan bakti sosial PNPM Mandiri Pedesaan (PNPM-MP)  yang diadakan di Aula Kantor Kecamatan Batang Alai Utara (Batara), Desa Ilung, Senin (1/7) lalu.
Fasilitator PNPM-MP Kecamatan Batara, Hj Fatimah mengungkapkan pelaksanaan kegiatan bakti sosial ini sesuai dengan petunjuk operasional PNPM-MP.  “Pelaksanaan kegiatan dana yang dikelola oleh UPK (Unit Pelaksana Kegiatan), dialokasikan untuk kegiatan sosial rumah tangga miskin sebesar 15 persen dari hasil surplus UPK yang tahun ini mengalami surplus sekitar 24 juta rupiah,” katanya.
Bakti sosial itu menurut Hj Fatimah, meliputi tiga kegiatan, yaitu sunatan massal, pemberian bantuan paket seragam sekolah bagi anak kurang mampu, dan bantuan paket sembako bagi para jompo dan warga kurang mampu.
“Peserta sunatan massal bagi anak dari keluarga kurang mampu berjumlah 56 orang, sedangkan paket seragam sekolah diberikan kepada 70 orang anak kurang mampu, dan paket sembako dibagikan kepada 84 orang jompo kurang mampu yang ada di kecamatan Batara ini,” ungkapnya lagi.
Bantuan ini diserahkan secara simbolik kepada tiga orang warga oleh Bupati HST H Harun Nurasid dan Ketua Tim Penggerak PKK HST Hj Tintainah Harun Nurasid.
Menurut Harun surplus dari PNPM-MP di Kecamatan Batara ini harus tetap dipertahankan dan ditingkatkan lagi dari tahun ke tahun.  “Tentunya kita juga tidak lupa untuk terus meningkatkan kualitas kegiatan PNPM-MP sehingga hasilnya dari kegiatan ini dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat,” ujarnya. AdvHumHST