• Jalan Binjai – Salikung dan Air Bersih Prioritas Utama
BERATNYA jalan yang dilalui untuk menembus desa Salikung Kecamatan Muara Uya Kabupaten Tabalong bukan halangan. Ruas jalan dan medan yang berbahaya itu dapat dilalui oleh calon bupati Tabalong Anang Syakhfiani bersama rombongan yang akhirnya sampai dan disambut meriah oleh warga masyarakat Salikung.
Anang Syahfini terlihat sangat bersemangat, tidak ada raut wajah kelelahan. Rasa lelah dan capek, hilang begitu melihat sambutan warga yang antusias untuk melihat secara langsung kedatangan calon bupati Tabalong ini.
Setelah datang dan melihat langsung kondisi masyarakat di desa Salikung, baru terungkap bahwa selama ini Salikung tidak mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah.

Minimnya sarana dan prasarana publik seperti jalan dan jembatan menjadikan Salikung sebagai desa yang terisolir dengan tingkat perekonomian masyarakatnya yang sangat rendah.
“Perekonomian disini sangat rendah dikarenakan jalan menuju desa tidak memadai, sehingga ekonomi masyarakat rendah, mereka tidak bisa menjual hasil buminya ke ibu kota kecamatan,” ujar warga masyarakat Salikung pada saat temu silarurahmi dengan calon bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, Kamis (17/10) kemarin.
 Tidak hanya itu, mereka juga menyampaikan bahwa mereka selama ini mengalami kesulitan untuk sarana air bersih. Warga harus mengambil air ke mata air di pegunungan untuk keperluan sehari-hari.
“Air sungai dan mata air tidak bisa dipergunakan, karena sudah tercemar oleh zat kapur yang sangat tinggi dan tidak baik bagi kesehatan khususnya anak-anak,” tambah mereka lagi.
Menyikapi masalah itu, Anang berjanji apabila memenangkan pilkada bulan Nopember nanti, ia akan langsung memberikan bantuan pipa sepanjang 2,5 kilometer untuk warga Salikung, sehingga warga bisa mendapatkan air bersih langsung dari mata air dipegunungan.
“Insya Allah, pada tanggal 13 Nopember nanti saya dinyatakan menang, maka dalam minggu itu juga saya akan langsung merealisasikan permintaan warga, dan masalah jalan kita akan memprioritaskan untuk dikerjakan selama kepemimpinan saya nanti,”  kata Anang Syakhfiani didepan ratusan warga Salikung yang menghadiri pertemuan itu.
Pada Pilkada tahun 2008 lalu lanjut Anang, desa Salikung telah memberikan suara terbanyak kepada dirinya. Dan pada Pilkada sekarang ia berharap warga masyarakat Salikung tidak berubah pilihan untuk tetap memberikan suaranya kepada dirinya.
“Pada tahun 2008 yang lalu di desa Salikung saya menang, warga telah memberikan suaranya kepada saya dan mudahan pada pemilu sekarang pilihan itu tidak berubah,” pinta pria murah senyum ini.
Ia juga berjanji, apabila memang pada Pilkada tahun ini, dirinya akan memberikan perhatian khusus kepada warga masyarakat Salikung dan sekitarnya, untuk merealisasikan jalan yang selama ini menjadi hambatan warga.
Menurut Anang, banyak cara untuk bisa membangun jalan Salikung-Binjai. Yang penting ada kemauan pasti ada jalan untuk merealisasikan pembangunan jalan itu. “Insya Allah jalan akan kita prioritaskan disamping air bersih,” janji Anang yang disambut tepuk tangan warga masyarakat Bumbung pada saat pertemuan disana.
Tidak hanya itu, Anang Syakhfiani juga berjanji akan menyelamatkan keberadaan Salikung yang sekarang merupakan paru-paru Tabalong dari ancaman pertambangan barubara dan perkebunan Sawit yang sekarang sudah siap-siap melakukan kegiatannya.
“Hutan Salikung khususnya hutan di wilayah utara ini harus kita selamatkan dari pertambangan dan perkebunan, karena nantinya dampak yang ditimbulkan oleh kegiatan itu akan sangat dirasakan oleh masyarakat, khususnya anak cucu kita nanti, disamping kabupatenTabalong akan kekurangan oksigen,” jelas calon bupati Tabalong ini. 
Ketua Tim Pemenangan AN-NOOR H Mardani disela-sela kunjungan itu mengakui sangat puas dengan sambutan warga masyarakat Salikung. Warga yang selama ini menunggu kedatangan calon bupati Tabalong Anang Syakhfiani begitu gembira bisa bertemu langsung karena pada tahun 2008 yang lalu mereka memberikan suaranya kepada Anang Syakhfiani.
“Kita melihat sendiri bagaimana antusiasnya warga melakukan penyambutan, dan ini sangat membanggakan karena pigur calon bupati kita masih diidolakan warga masyarakat, khususnya masyarakat Tabalong,” tutur Mardani kepada Metro7.
Usai pertemuan dengan warga masyarakat Salikung, Anang Syakhfiani bersama rombongan langsung melakukan pertemuan dengan warga di desa Bumbung dan anak desa lainnya.  Dan pada saat perjalanan pulang ke Tanjung, kembali dilakukan pertemuan dengan warga masyarakat di desa Binjai dan desa sekitarnya. (Metro7/014/007)