• Nominator Penerima Penghargaan APN 2013
Barabai — Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) berpeluang mendapatkan penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) tahun 2013. Penghargaan merupakan bentuk apresiasi yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat dan aparatur pemerintah, baik perseorangan maupun kelompok yang berprestasi dan berkontribusi dalam mewujudkan kedaulatan pangan, kemandirian pangan dan ketahanan pangan.
Setelah melalui tahap penjaringan dan seleksi administratif, kegiatan ini akhirnya memasuki tahap verifikasi oleh tim dari Badan Ketahanan Pangan Pusat. Kedatangan tim verifikasi di Kabupaten HST disambut oleh Bupati Harun Nurasid, Jumat (25/10) tadi.
Bupati Harun Nurasid menjadi salah satu nominator penerima penghargaan APN 2013 untuk kategori Pembina Ketahanan Pangan. Sedangkan Kelompok Tani Bumbuhak Desa Pengambau Hulu menjadi nominator penerima penghargaan untuk kategori Pelaku Pembangunan Ketahanan Pangan.
“Sangat perlu verifikasi ke lapangan langsung terhadap Kelompok Tani Bumbuhak sebagai nominator Pelaku Pembangunan Ketahanan Pangan, teutama untuk mengetahui produktifitas kelompok tani dan aktifitas pemberdayaan terhadap masyarakat,” ujar John Hendra, salah satu anggota tim verifikasi. 
Kepala Badan Ketahanan Pangan HST, Zainal Abidin, mengungkapkan bahwa pihaknya bekerjasama dengan SKPD terkait, sudah menyiapkan segala hal seperti materi yang perlu dikaji oleh Bupati HST selaku nominator Pembina Ketahanan Pangan.
“Awal bulan depan akan dilakukan ekspose hasil yang akan disampaikan oleh Bupati HST di hadapan tim penilai di Jakarta. Sedangkan untuk Kelompok Tani Bumbuhak sudah dilakukan tanya jawab dengan tim verifikasi serta peninjauan ke lapangan,” jelasnya.
Bupati Harun Nurasid termasuk kedalam 12 nominator menyisihkan 28 pesaing lainnya yang diajukan untuk kategori Pembina Ketahanan Pangan dari seluruh provinsi di Indonesia. “Ini tentunya tidak lepas dari dukungan masyarakat terhadap pemda dalam upaya peningkatan hasil pangan daerah kita, pemerintah daerah akan berusaha semaksimal mungkin untuk hal ini dan siap memfasilitasi mengenai pangan daerah kita,” tuturnya. AdvHumHST