BARABAI – Laison officer TNI AU Kodam VI/Mulawarman, Kolonel Penerbangan Rudy Iskandar  menjadi Inspektur Upacara sekaligus membuka secara resmi Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 92 Kodim 1002/Barabai  yang bertempat di Lapangan Dwi Warna Barabai, Rabu (21/5).
Dandim 1002 Barabai Letkol Infanteri Sulaiman Aminuddin  melaporkan  TMMD ke-92 Kodim 1002 Barabai merupakan program kerja yang dilaksanakan dalam rangka pembinaan bidang Teritorial  yang bertujuan  untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, memantapkan kemanunggalan TNI dan Rakyat, membantu program pemerinah serta Peningkatan Sumber Daya Manusia.
Kegiatan yang dilaksanakan terbagi dalam kegiatan fisik dan non fisik, yang dipusatkan di desa Bakapas dan desa Ayuang kecamatan Barabai yang meliputi
“Beberapa kegiatan TMMD telah dilaksanakan dan telah mencapai hasil 50% dengan pula kegiatan ini bersinergi  antara Kodim 1002 Barabai, Asistensi TNI AL, Polres HST dan unsur lainnya dengan jumlah personel mencapai 160 orang,”ujarnya.
Kepala Staf TNI AD Jenderal *TNI* budiman selaku Penanggung Jawab kegiatan dalam sambutan yang dibacakan Inspektur upacara  menyampaikan kegiatan TMMD  harus dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar, baik pembangunan fasilitas umum yang dapat memacu roda perekonomian di daerah-daerah yang sangat membutuhkan perhatian pemerintah.
“Sasaran fisik TMMD diarahkan pada pembangunan infrastruktur yang menyentuh kepentingan masyarakat, untuk ekonomi dan perhatian masyarakat untuk entaskan masyarakat miskin, sementara kegiatan  non fsiik untuk gugah kesadaran masyarakat untuk berbangsa dan bernegara untuk wujudkan masyarakat aman dan damai,”terangnya.
Turut  berhadir dalam pembukaan TMMD ke 92 tersebut Bupati HST H Harun Nurasid, Kapolres HST AKBP Iwan Sonjaya, Danyon 621/Manuntung Letkol Inf. Wahyu Dili Yudha Irawan,  Sekretaris Daerah HST H.Agung Parnowo, dan ketua TP PKK HST Hj. Tintainah Harun Nurasid. AdvHumHST