KANDANGAN – Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS)  melalui Dinas Pendidikan Kabupaten yang bekerja sama dengan Badan Keluarga Berencana (KB) Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan menggelar Peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten HSS Tahun 2014. Peringatan ini, dipusatkan di Pendopo Kabupaten dengan dihadiri oleh para pihak yang ada diseluruh Instansi dan masyarakat, Selasa (19/8) pagi.
Tema yang diangkat adalah, ciptakan Lingkungan Kondusif Untuk Perlindungan dan Tumbuh Kembang Anak. Kegiatan ini juga bekerja sama dengan  Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten HSS, Nurdiansyah S.Sos dalam laporannya mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan kali ini diperingati secara bersamaan dengan pengukuhan Bunda Paud se Kabupaten HSS. Pengukuhan sendiri dilakukan oleh Bunda Paud Kabupaten Hj Isnaniah Achmad Fikry M.AP.
Dijelaskannya, kegiatan yang dilaksanakan merupakan kegiatan tahunan yang kali ini dilaksanakan secara bersamaan dengan instansi terkait. Kegiatan ini terangnya, diharapkan dapat menjadi momentum bagi masyarakat dan orang tua untuk melihat bakat dan kemampuan anak. Sehingga kedepannya dapat menjadi harapan yang baik bagi anak di Kabupaten HSS.
“Mudahan peringatan hari anak Nasional yang dilaksanakan ini dapat menjadi momentum yang baik bagi kita dan anak-anak yang ada di HSS,” ujarnya.
Ditempat yang sama Achmad Fikry dalam sambutannya mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh panitia penyelenggara. Sejatinya hari anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 juli. Tapi, lantaran bertepatan bulan Ramadan dan libur sekolah. Maka peringatan baru bisa dilaksanakan sekarang ini.
” Mari kita jaga anak kita dengan sebaik-baiknya, dengan cara memberikan perhatian, pendidikan dan kesehatan pada mereka,” ujar Achmad Fikry.
” Hari ini pengukuhan Bunda Paud, andaikata ada Bapak Paud saya juga mau jadi Bapak Paud,” ujar Achmad Fikry yang disambut tepuktangan yang hadir.
Usai bercanda dalam sambutannya, bupati juga mengharapkan kepada  Bunda Paud yang sudah dilantik agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Karena pengukuhan yang dilaksanakan, adalah untuk membantu pemerintah dalam membimbing dan menjaga anak-anak dalam meraih masa depan mereka.
Dari pantauan di lapangan, sebelum prosesi peringatan hari anak dan pelantikan Bunda Paud dilaksanakan, sejumlah anak-anak TK dan SD mengikuti karnaval keliling jalan Pendopo dan dilanjutkan dengan menampilkan berbagai tari-tarian. Metro7/Fit