BARABAI – Bupati Hulu Sungai Tengah Dr H Harun Nurasid didampingi ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten HST Hj Tintainah Harun Nurasid dan Sekretaris Daerah HST H A Agung Parnowo kembali menghadiri acara halal bihalal warga PGRI kecamatan Pandawan, Rabu (10/9), dimana sebelumnya orang nomor satu di Bumi Murakata ini telah mengunjungi acara halal bihalal PGRI kecamatan Haruyan.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten HST Dia Udini mengatakan bahwa kegiatan halal bihalal ini sekaligus pelepasan anggota PGRI yang akan berangkat haji, mutasi kerja dan purna tugas.
“Untuk warga PGRI Kecamatan Pandawan ini, ada lima orang yang berangkat haji, empat orang yang mutasi dan 17 orang yang purna tugas,” katanya.
Lebih lanjut, Dia memaparkan  bahwa jumlah anggota PGRI kecamatan Pandawan sebanyak 375 orang, memiliki sekolah TK/RA sebanyak 18 buah,  Sekolah Dasar 32 buah, SMPN dan SMP terbuka  dan SMA 8 Barabai satu buah.
“Hal ini menunjukkan bahwa jumlah sekolah di daerah kita cukup banyak, sehingga hal tersebut salah satu bentuk dukungan pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan,” paparnya.
Pada kesempatan itu, Bupati Harun Nurasid juga mengungkapkan bahwa pembangunan pendidikan di daerah kita selama ini banyak mengalami kemajuan.
Namun kita juga perlu sadari, masih banyak persoalan pendidikan yang harus kita selesaikan secara bersama dan bertahap, sejalan dengan perkembangan zaman dan tuntutan perubahan dibidang pendidikan itu sendiri.
“Kita terus dituntut melakukan berbagai upaya peningkatan kualitas pelayanan pendidikan kepada masyarakat, baik dalam hal pemerataan kesempatan maupun peningkatan mutu pendidikan,” ungkapnya.
Selain itu, Harun juga menegaskan bahwa guru sebagai mitra pemerintah memiliki peran  yang besar dan sangat menentukan dalam mencapai kemajuan pembangunan pendidikan.
“Untuk meningkatkan mutu pendidikan, perlu peningkatan kualifikasi guru, kemampuan guru, disiplin guru, dan komitmen guru terhadap tugas,” tegasnya.
Kegiatan halal bihalal PGRI kecamatan Pandawan ini juga diisi dengan tausyiah yang disampaikan oleh KH Abdul Gafar dari Kahakan dengan tema Ilmu. (AdvHumHST)