TANJUNG – Dalam rangka perbaikan kearsipan di Pemeruntahan Kabupaten Tabalong terutama di desa desa yang ada di Bumi Sarabakawa maka Pemerintah Daerah bekerja sama dengan Badan Perpustakaan Daerah Kalimantan Selatan menggelar acara Sosialisi Program Arsip Masuk Desa /Kelurahan di Tabalong (11/09) tadi.
Dra Saujanatun Nisa Perwakilan Bapustarda Prov Kalsel mengatakan kegiatan ini lebih pada penataan kearsipan Kebijakan kearsiapan tata naskah pengurusan surat pemberkasan arsip. Dan seluruh pembiayaannya diambilkan dari dana  APBD kab Tabalong.
Ditambahkannya, dalam acara ini sangat penting sebagai peningkatan tata kelola arsip. “Arsip akan menjadi tulang punggung pada ranah pemerintahan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat sebagai bahan pelayanan prima bagi masyarakat,” katanya.
Bupati Tabalong H Anang Syakfiani yang diwakili Asiten I H Imam Farulraji mengatakan Pemkab Tabalong menyambut baik acara ini, sebab kelemahan desa desa yang ada di Tabalong adalah kearsipan yang masih belum tertata dengan baik . “Kita memerlukan kearsipan yang benar. Dan dengan adanya acara ini modah modahan kearsipan di Tabalong semakin tertata dengan baik,” katanya.
Tata kelola kearsipan sesuai kaidah kearsipan/ arsip untuk pelayanan pada masyarakat guna mengetahui perkembangan arsip. Peserta diharapkan mampu memahami arsip masuk desa demi tertatanya arsip desa yang baik,” imbuhnya (metro7/rz).