BARABAI – Bupati Hulu Sungai Tengah Dr H Harun Nurasid menghadiri acara pertemuan pengusaha / pengrajin Industri Kecil dan Menengah (IKM) se kabupaten HST, di Aula RSUD H Damanhuri Barabai. Selasa (7/10/2014)
Dalam laporannya, kepala Dinas Industri, Pertambangan dan Energi HST H Hadriansyah menyampaikan bahwa  tujuan dilaksanakannya pertemuan ini untuk mendorong pengusaha / pengrajin IKM berjiwa wirausaha.
“Karena kita tahu dan sadari bahwa jiwa kewirausahaan lebih banyak ditentukan oleh pengalaman, motivasi, pendidikan dan pelatihan dan kesempatan kerja serta keberanian menghadapi risiko,” katanya.
Adapun peserta yang mengikuti pertemuan ini sebanyak 100 orang pengusaha IKM dari 10 kecamatan yang terdiri dari 21 orang dari kecamatan Barabai, 13 orang dari kecamatan Pandawan, 16 orang dari kecamatan LAS, 3 orang dari kecamatan LAU,  20 orang dari kecamatan Haruyan, 9 orang dari Batu Benawa,  4 orang dari Batara, 7 orang dari kecamatan BAS, 4 orang dari  BAT dan 3 orang dari kecamatan Limpasu.
“Peserta ini adalah mereka yang bergerak dalam industri kecil yang memiliki tenaga kerja 3 sampai 10 orang dari berbagai macam  jenis industri, yang produknya berupa pengolahan aneka pangan, logam, tekstil, kerajinan, pengolahan hasil hutan hingga jasa perbengkelan mesin dan las,” paparnya.
Pada kesempatan itu, Sri Sukma Hartati salah satu pengrajin kain sasirangan dari desa Taras Padang kecamatan LAS juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada pemerintah daerah khususnya Bupati HST dan Dinas Intamben yang telah memberikan bantuan dan motivasi kepada kami para pengusaha IKM.
“Kami akan berusaha mengembangkan IKM di HST dengan pesat, selain menambah perekonomian karena mengurangi pengangguran juga mengangkat nilai budaya daerah kita,” tuturnya.
Bupati HST Dr H Harun Nurasid dalam sambutannya juga menuturkan pemerintah daerah terus berupaya untuk melaksanakan pembangunan dengan sebaik-baiknya dan proporsional yang sesuai dengan strategi pembangunan ke depannya.
“SDM menjadi salah satu prioritas pembangunan kita, karena dalam mengisi pembangunan daerah sangat membutuhkan SDM yang handal, berkualitas dan berdaya saing,” ungkap Harun.
Selain itu, Harun juga mengharapkan  partisipasi, dukungan dan peran aktif semua komponen masyarakat dalam berupaya melanjutkan dan meningkatkan keberhasilan pembangunan daerah kita, khususnya pada pengusaha IKM.
“Keberhasilan pembangunan daerah kita tidak lepas dari peran serta para IKM,” pungkasnya. (AdvHumHST)