PARINGIN – Guna menjalin silaturahmi dengan masyarakat Balangan tak terkecuali yang bermukim di daerah pegunungan, jajaran Polres Balangan melakukan kunjungan ke Kampung Rantau Paku Kecamatan Tebing Tinggi yang dihuni oleh masyarakat adat Dayak Pitap.
Kunjungan yang diikuti langsung oleh Kapolres Balangan AKBP Rachmat Hendrawan, Wakapolres Kompol Katamsyi beserta para Kabag dan Kasat tersebut sekaligus menghadiri undangan masyarakat setempat untuk menyaksikan aruh adat Baharin yang digelar masyarakat setempat.
Perjalanan menuju Kampung Rantau Paku memerlukan waktu sekitar satu setengah jam. Kedatangan rombongan Polres Balangan tersebut disambut hangat oleh hampir seluruh warga Kampung.
Di sela silaturahmi itu, Kapolres Balangan menyempatkan diri untuk memberi himbauan keamanan dan ketertiban kepada warga setempat. Termasuk juga himbauan mengenai sadar lalu lintas dan bahaya narkoba.
“Jangan sampai tinggal di wilayah pegunungan dijadikan alasan tidak tahu mengenai aturan berlalu lintas ketika berkendara ke kota,” imbuh AKBP Rachmat.
Sebagai motivasi bagi warga agar taat berlalulintas, pihaknya memberikan layanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) gratis kepada warga.
Selain menghimbau warga agar mentaati peraturan lalu lintas, Kapolres juga sedikit menyinggung mengenai peredaran gelap narkoba yang sekarang sudah tidak pandang tempat lagi, dari wilayah perkotaan hingga pinggiran.
“Peredaran narkoba sekarang sudah menyasar ke daerah pedalaman, untuk itu kita mengajak masyarakat agar lebih mengaktifkan Forum Keamanan Masyarakat Desa (FKMD) guna mencegah adanya peredaran narkoba dan potensi lain yang mengganggu keamanan desa,” ajaknya. (metro7/sri)