TAMIANG LAYANG – Keberadaan Bangunan Gedung Sekolah SDN Jango,Kecamatan Patangkep Tutui, Kabupaten Barito Timur, kondisinya sangatlah memperhatinkan. Bukan hanya gedung sekolahnya saja, namun untuk keberadaan Rumah Dinas Guru nya pun, juga jauh lebih  memperhatinkan,karena kondisi bangunan nya, sudah rusak parah,dan sudah tidak layak huni lagi.
Kepala Sekolah (Kepsek) SDN Jango,Gatunumbar.Spd, mengatakan sejak dibangun pada Tahun 1982 silam ,untuk Gedung Sekolah SDN Jangomemang sudah pernah dilakukan perehapan pada Tahun 2006 lalu, namun sifatnya hanya perehapan ringan saja. Setelah seiring berjalan nya waktu, kondisi bangunan gedung Sekolah itu pun kembali rusak, bukan hanya diluar saja yang mengalami kerusakan,kondisi ruang kelas nya pun juga rusak. sehingga dengan kondisi dimikian terbilang jauh dari layak sebagai tempat belajar yang nyaman.
“Padahal baik dari Pemerintahan Desa Jango, ataupun kami selaku pihak sekolah sudah seringkali menyampaikan hal ini kepada Pemerintah Daerah bahkan ke Pemerintah Propinsi, agar dapat melakukan perbaikan untuk gedung sekolah ini, namun hingga saat ini belum ada tanggapan ataupun realisasinya.
Ditambahkannya,bukan hanya perbaikan gedung sekolah saja ,namun pihak sekolah juga sangat mengharapkan kepada Dinas terkait agar dapat mengalokasikan dana untuk perbaikan rumah dinas guru yang ada, karena kondisinya sudah rusak parah dan sudah tidak bisa di tempati lagi.
Dengan dimikian, Gatunumbar sangat mengharapkan kepada Dinas terkait agar dapat mengalokasikan anggaran untuk dapat melakukan perbaikan Rumah Dinas Guru yang ada, sehingga tenaga pengajarnya tidak perlu lagi PP,dan mereka pun bisa bertempat tinggal. Dengan dimikian tidak adalagi kendala untuk guru hadir ke sekolah, walaupun pada saat musim hujan. Sehingga kegiatan belajar mengajar pun akan berjalan lancar dan maksimal, serta akan menjadi lebih baik lagi. (metro7/ali/arul).