Gubernur Resmi Buka MTQ Ke 29

0
19
BARABAI – Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-29 Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Kota Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah, yang dipusatkan di Taman Dwi Warna Barabai, Jumat (16/12/16) malam.
Sahbirin Noor dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Barabai, pemerintah daerah dan semua pihak yang terlibat dan turut serta menyukseskan gelaran MTQ.
“MTQ merupakan gelaran seni keindahan membaca Al Quran sehingga dengan menghidupkannya dan memasyarakatkan Al Quran akan menjadikan modal dalam membangun daerah, terangnya.
Dikatakannya, keistiqomahan dalam membaca Al Quran akan menjadi hidayah dan petunjuk tidak hanya bagi pemerintah namun juga bagi seluruh masyarakatnya. Dengan AlQuran akan menciptakan masyakat yang memiliki adab dan kesantunan yang tentu saja mampu membawa perubahan buat daerah itu sendiri dan membawa kebaikan buat bangsa dan negara, tuturnya.
Searah dengan laporan Ketua Panitia Pelaksana MTQ ke-29 Provinsi Kalsel yang sekaligus merupakan Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah, H.A. Chairansyah dalam laporannya menuturkan perhelatan akbar yang diikuti 13 Kabupaten/Kota se-Kalsel terswbut bertujuan untuk memasyarakatkan dan mensyiarkan Al Quran guna mewujudkan masyarakat yang agamis, mandiri, sejahtera dan bermartabat.
“MTQ tak sekedar sebagai seni membaca Al Quran saja namun eksistensi yang paling utama adalah membaca, memahami dan kemudian mengamalkannya dalam kehidupan sosial, tambah Chairansyah.
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Selatan, H. Noor Fahmi yang turut hadir dalam pagelaran akbar tersebut mengajak untuk senantiasa mengintrospeksi diri sendiri sudah seberapa sering membaca Alquran, memahaminya serta seberapa jauh mengamalkannya. “Konsep dan sikap diri akan tercermin dalam kehidupan bermasyarakat,” tambahnya.
“Saya sangat berharap agar rutinitas cinta dan syiar Al Quran bisa dibudayakan dalam lingkungan kerja, institusi dan lingkungan sekolah/madrasah, tambah Noor Fahmi.
Puncak peresmian MTQ Nasional ke-29 Tingkat Provinsi Kalsel ditandai dengan tabuhan gong oleh Gubernur Kalsel dilanjutkan dengan pengibaran Bendera MTQ serta letupan kembang api yang menghiasi langit malam Bumi Murakata. Persembahan puncak pembukaan MTQ ditutup dengan pembacaan doa oleh Ketua MUI Kalsel, H. Husin Nafarin dan penampilan Artis ibukota Fatin Sidqia Lubis. AdvHumHST

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here