PARINGIN – Bupati Balangan turun melihat kondisi warga sekaligus serahkan bantuan uang dan bahan makanan kepada korban bencana kebakaran yang menimpa warga desa Mungkur Uyam Kecamatan Juai pada Sabtu (24/6) kemarin.
Musibah kebakaran di Desa Mungkur Uyam ini, menghanguskan sebanyak 10 buah rumah dan 1 buah kios milik warga.
Kebakaran yang terjadi sekitar jam 01.30 ini mengahabisakan rumah milik, Pa Nurul, Nini akbar, Dansi, Hatta, Kios ponsel beserta 4 rumah bedakan secara 100% sedangkan dua buah rumah yakni, milik Pak wardah dan Ulim terbakar sekitar 50%.
Menurut data dilapangan, api yang berasal dari rumah Nini Akbar ini, baru bisa dipadamkan beberapa waktu kemudian dengan bantuan Damkar baik dari Balangan maupub Kabupaten Tabalong dan kerugian ditaksir sekitar Rp1,5 miliar.
“Kami berharap bantuan ini bisa meringankan beban para korban,” ujar Bupati disela penyerahan bantua tersebut.
Bupati juga menghimbau kepada seluruh warga di Balangan agar selalu waspada baik terhadap alat listrik maupun peralatan yang memicu terjadinya kebakaran di rumah masing-masing.
Pada kesempatan itu pula, Anshar juga menyerahkan bantuan dana, dan bahan makanan kepada korban kebakaran.
Dirinya merasa sangat berduka akan musibah yang terjadi di desa Mungkur Uyam ini, lebih-lebih ini terjadi di Bulan Ramadhan yang mendekati dengan hari Raya Idul Fitrie ini. Dimana orang-orang akan berkumpul dan bersilaturahmi kerumah sanak keluarga. Sedangkan warga yang menjadi korban kebakaran harus menahan diri dan bersabar karena harta bendanya habis dilahap api.
“Kami turut berduka atas musibah ini, mudahan kedepan di Juai maupun daerah lainnya di Balangan ini tidak pernah terjadi lagi musibah kebakaran seperti ini. Dan kami berharap bantuan ini bisa meringankan beban para korban,” katanya.
Terakhir Anshar menegaskan, kepada seluruh warga di Balangan agar selalu waspada terutama mengenai listrik, pastikan jalur instalasi listrik aman, jangan biarkan ada hal-hal sekecil apapun terjadi yang berpotensi menimbulkan korsleting listrik.
“Lebih waspada lagi, cek kabel-kabel listrik yang ada dirumah kita, jangan sampai ada yang terkoyak, dan colokan listrik jang sampai berlapis-lapis, karena itu semua berpotensi menyebabkan kebakaran,” pungkasnya. (metro7/sugi)