TANJUNG – Wujud syukur atas hasil pertanian, Minggu (30/7/2017) masyarakat Tohe anak Desa Uwi Kecamatan Muara Uya menggelar tradisi sedekah bumi.
 Kegiatan tersebut berlangsung meriah dan dihadiri ribuan orang yang datang dari seluruh penjuru Kabupaten Tabalong melihat proses acara adat sedekah bumi dengan bermacam kegiatan bertempat di alun-alun desa.

 Pencetus ide kegiatan sedekah bumi, Sapto Budiono mengatakan kegiatan ini merupakan bawaan budaya yang dibawa dari Jawa. Sedekah bumi merupakan bagian rasa syukur warga dan bagian silaturahmi penduduk desa. 

 “Disini petani semua dan yang diusung saat acara sedekah bumi tadi merupakan hasil pertanian masyarakat sebagai ungkapan rasa syukur kita terhadap hasil pertanian,” katanya. 

 Kegiatan ini terlaksana adalah hasil swadaya masyarakat yang sepakat mengadakan sedekah bumi, termasuk juga diisi kegiatan lainnya seperti olah raga, kegiatan anak dan lomba kebersihan.

 Diakui, kegiatan sedekah bumi sebelumnya susah untuk dipromosikan, karna keterbatasan informasi hingga masyarakat Uwi berharap dapat dukungan oleh pihak lain untuk promosi kegiatan.

Adapun selain swadaya, kegiatan juga diambil dari dana ADD. Adapun manfaatnya yang utama dari kegiatan sedekah bumi adalah silaturahmi masyarakat. (metro7/reza)