METRO7.CO.ID, Paringin-Pelaksanaan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 100 tahun 2017 yang dilaksanakan oleh Kodim 1001/Amuntai-Balangan kembali mengambil Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Balangan, sebagai lokasi pelaksanaanya.
Pelaksanaan TMMD yang secara simbolis dibuka oleh Bupati Balangan H Ansharuddin, Rabu (27/9/2017) lalu melalui upacara yang berlangsung di lapangan depan kantor Camat Tebing Tinggi tersebut, merupakan program yang dilaksanakan oleh TNI dengan instansi terkait bersama dengan masyarat guna meningkatkan kesejahteraan dan memantapkan kesadaran bermasyarakat dalam berbangsa, bernegara, bela negara dan disiplin nasional.
Dipilihnya kembali kecamatan Tebing Tinggi sebagai pelaksanaan TMMD menurut Dandim 1001 Amutai Balangan Letkol Kav. Aria Sagita Saleh, karena termasuk daerah yang masih memerlukan sentuhan pembangunan dan pelayanan serta masih masuk wilayah terpencil.
Kondisi ini, kata Letkol Kav. Aria Sagita, sesuai prioritas pemilihan lokasi TMMD yakni, menitikberatkan pada desa-desa miskin, yang masih sedikit terisolir dan terpencil, serta daerah kumuh perkotaan.
Kegiatan utama TMMD kali ini sendiri, lanjut Dandim, ialah pembangunan jalan dan jembatan di dua tempat, yakni Desa Uyam dan Panikin.
“Untuk jalan kita bangun dengan ukuran 4×989 meter dari Desa Gunung Batu ke Desa Uyam dan Desa Simpang Nadung ke Desa Panikin. Sedangkan jembatan dengan ukiran 7×6 kita bangun empat buah, di Desa Iyam 3 buah dan Desa Panikin 1 buah,” runcinya.
Selain kegiatan utama itu lanjutnya, ada juga satu kegiatan tambahan yakni bedah 1 unit rumah di Desa Mayanau.
Sedangkan kegiatan non fisik di antaranya penyuluhan kesehatan (penggunaan alat kontrasepsi), pengobatan massal, sosialisasi UU tertib lantas, karhutlah, wasbang dan bela negara, rekrutmen TNI, bahaya narkoba, siskamling, bahaya isis dan ceramah agama.
“Total dana yang dianggarkan dalam TMMD ke 100 di Kabupaten Balangan tahun 2017 ini mencapai Rp1,2 M,” bebernya.
Sedangkan, Bupati Balangan H Ansharuddin mengungkapkan, terima kasih karena Kabupaten Balangan kembali dipilih menjadi lokasi pelaksanaan TMMD tahun ini.
“Kami sendiri selaku pemerintah daerah, akan selalu mendukung setiap kegiatan yang dilakukan atas dasar pembangunan daerah,” ujarnya. (Metro7/sugi)