Susu Kerbau Rawa Belum Terjamah

0
38

METRO7.CO.ID, Amuntai – Potensi yang dimiliki kerbau rawa hingga kini belum tergali dengan maksima.
Salah satu potensi yang belum tergali ialah susu dari kerbau rawa tersebut, dari sedikitnya 10.604 ekor Kerbau Rawa se Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), tak satupun bisa menghasilkan susu kerbau padahal susu kerbau bagus untuk kesehatan dibanding susu sapi.
Kabid Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten HSU Akhamad Rijani mengatakan, sebenarnya potensi susu kerbau ini potensial kalau dikembangkan.
Namun selama ini, menurut dia, kendala utamanya kalau mau mengembangkan susu kerbau rawa, adalah kerbau rawa liar/tidak jinak. Jadi sampai saat ini, belum ada arah kesana.
“Dulu pada tahun 1997 silam pernah orang Australia melakukan penelitian di Kecamatan Paminggir untuk meneliti keberadaan susu kerbau. Namun hingga sampai ini, kita tidak diberitahu apa hasil dari penelitian tersebut,” bebernya.
Keberadaan kerbau rawa sendiri, digadang-gadang jadi obyek wisata andalan di HSU kerbau rawa dimana dulu pernah digelar kegiatan besar bertajuk kerbau rawa, namun sampai sekarang tidak pernah lagi jalan. (Metro7/Yusuf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here