Hujan Lebat, Halong dan Juai Banjir

0
36

METRO7.CO.ID, PARINGIN – Hujan deras yang turun sejak Senin hingga malam (6/11) membuat aliran sungai Batang Balangan meluap dan merendam beberapa desa di Kecamatan Halong dan Juai yang dilaluinya, pada Selasa (7/11). Beberapa desa yang terendam yakni, diantaranya desa Baruh Panyambaran Kecamatan Halong dan beberapa desa di Kecamatan Juai juga turut terendam.
Untuk Kecamatan Juai, desa yang sempat terendam yakni, Lalayau, Mihu, Bata dan Gelombang dengan ketinggia air bervariasi antara 50 cm sampai 150 cm.
Menurut data Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan, banjir yang sempat merendam puluhan rumah dengan waktu beberapa jam ini juga turut merendam puluhan rumah warga dengan rincian, di Desa Baruh Panyambaran di RT satu 15 kk dengan jumlah 43 jiwa, RT 02. 12 kk jumlah 36 jiwa, Desa Lalayau 10 kk atau 34 jiwa, Desa Mihu 15 kk dengan 53 jiwa dan Desa Bata 15 kk dengan jumlah 47 jiwa serta satu buah sekolah. Sedangkan Desa Galumbang 30 kk dengan 93 jiwa da dua buah sekolah.
“Akibat banjirnya ini untuk aktivitas warga sementara terhenti dan mobilisasi dititik tertentu kami bantu dengan perahu karet,’’ ujar Kasi Kedaruratan pada Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan Muhammad Syuhada.
Meski begitu, kata Syuhada, kondisi masih aman dan warga tidak perlu mengungsi dan pihaknya pun kini masih berada dilapangan guna membantu masyarakat.
“Saat ini air mulai surut, kalau tidak hujan lagi maka kondisi kembali normal,” pungkasnya. (Metro7)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here