METRO7.CO.ID, PARINGIN – Dalam rangka mengembangkan dan membina potensi, bakat serta memacu minat generasi pelaku kesenian tradisional di Bumi Sanggam, Dewan Kesenian Daerah (DKD) setempat mengelar acara Gelar Seni Tradional, Selasa (28/11) malam.

Acara yang digelar di Terminal Paringin tersebut, menampilkan tiga kesenian berupa tarian rajaki pangumi yang ditampilkan oleh sanggar wadian tambai Halong, teatar amuk naga runting yang ditampilkan oleh sanggar rumah sains balangan, sanggar bumi pahajatan dan teater sanggam balangan dan Mamanda serta tradisi Pangantinan Balawang Tujuh yang dibawakan oleh sanggar bulian anum muara ninian.

Ketua Pelaksana, Baihaki mengatakan, pengelaran ini tak lain adalah untuk memotivasi serta apresiasi keberadaan kesenian tradional yang ada di Balangan untuk terus dipertahankan dan dilestarikan.

Ketua DKD Balangan, Husin menyampaikan, kegiatan ini terlaksanakan berkat kerjasama dengan salah satu perusahaan swasta yang ada di Balangan dan dukungan pemerintah daerah.

“Kita berkeinginan setiap bentuk kebudayaan khususnya tradisi dan kesenian yang ada di Balangan bisa terus lestari dan berkembang keberadaannya. Kegiatan ini adalah merupakan bagian dari upaya kita untuk hal tersebut,’’ jelasnya.

Sedangkan Asisten I Setdakab H Supiani yang mewakili Bupati Balangan dalam sambutannya menyampaikan, apresiasi atas terlaksananya kegiatan tersebut.

Keberadaan kebudayaan maupun kesenian, kata Bupati, sangat berarti karena dia merupakan kekayaan yang tak ternilai harganya, maka itu perlu dijaga, dilestraikan dan dikembangkan keberadaannya.

“Kami Pemerintah Daerah pun terus mendukung kekayaan ragam budaya adat yang ada di Balangan. Dukungan ini kami wujudkan salah satunya dengan membangun gedung Taman Budaya yang kini sudah dalam proses pembangunan,” bebernya.

“Saya berharap dengan dibangunnya Taman Budaya ini semua seni dan budaya bisa dikembangkan sehingga lahir budayawan dan seniman kawakan,” pungkasnya. (Metro7)