METRO7.CO.ID, Paringin – Bupati Balangan H Ansharuddin secara langsung menghadiri pengukuhan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Balangan masa bakti 2016-2021 di Aula Benteng Tundakan Setda Balangan yang langsung dilakukan oleh ketuaDekranasda Kabupaten Balangan Hj Nursidah Ansharuddin , Selasa (5/11) lalu.

Dalam sambutannya, Bupati Balangan H Ansharuddin mengungkapkan, jika keberadaan Dekranasda yang merupakan organisasi nirlaba yang berfungsi menghimpun pencinta dan penikmat seni untuk memproduksi serta menghidupkan pelaku bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) sangat pentik guna memperkuat perekonomian daerah.

“Dekranasda berperan sebagai etalase kerajinan daerah dalam membina persaingan global,’’ tegasnya.

Untuk itu, kata Bupati, Dekranasda harus terus berupaya melakukan berbagai terobosan sekaligus meningkatkan kemampuan dan keterampilan para pengrajin sehingga dunia kerajinan di Balangan bisa maju dan mampu menjadikan kerajinan menjadi sector ekonomi yang handal.

Apalagi kini, sambung dia, bukan hanya sekadar kualitas produk, tapi kemudahan untuk mendapatkan produk kerajinan sangat menentukan keberhasilan pelaku UMKM yang mendominasi dunia kerajinan yang ada.

“Maka dari itu, pembangunan industri kreatif dan kerajinan harus mendapat perhatian besar, agar ke depannya para kelompok-kelompok industri kecil menengah semakin dapat bersaing dalam memasarkan hasil kerajinannya dan ini menjadi tugas berat Dekranasda,’’ jelasnya. (Metro7)