METRO7.CO.ID, Tanjung – Sebanyak 16 Sekolah tingkat SMP dan SMA ikut serta dalam lomba Tari Kereasi Daerah dalam rangkaian acara Pasar Seni Pelajar yang diadakan oleh SMKN 1 Murung Pudak, Selasa (27/2/2018).

Ke 16 sekolah yang ikut serta dalam lomba tari kreasi daerah ini selain diikuti Tabalong, juga diikuti oleh Balangan dan Hulu Sungai Utara.

Komposisi dan penilai yang dilakukan terhadap tari yang ditampilkan sendiri diantaraya tari daerah 50%, tari kreasi 25%, dan Tari Moderen 25%, peserta tari juga wajib mengumpulkan synopsis tari yang akan ditampilkan.

Salah satu Juri dalam lomba tari kreasi daerah tersebut, Rahman Zulfikkar mengatakan, perkembangan seni tari di Tabalong sangat pesat terutama dengan diadakanya loma tari kreasi daerah menumbuhkan rasa suka, cinta jiwa para pelajar untuk mengangak seni tradisi khususnya.

“Dengan kegiatan seperti ini, mereka bisa mengembangkan lagi dan mengajak anak muda lainya untuk lebih mencintai budaya. Kedepanya diharapkan siswa-siswi tidak hanya mempelajari ilmu tari pada saat eskul tapi juga mempelajari tarian dengan ikut dalam sanggar seni yang ada,” harapnya.

Salah satu peserta tari kreasi daerah, Cahyani Widya Safitri dari MTsN 4 Tanjung mengatakan, diharapkan kedepanya kegiatan ini akan terus berlanjut agar menumbuhkan miKegnat siswa-siswi lainya untuk mempelajari tarian darah.

Kegiatan Pasar Seni Pelajar ini sendiri, berlangsung dari tanggal 26-28 Februari dengan beberapa rangkaian lomba acara diantaranya Fashion Show, Accoustic Band, Nyannyi Solo, Tari Kreasi Daerah, Mewarnai dan Paskibra dengan hadiah berupa piala dan sejumlah uang pembinaan. (Metro7/MC Tabalong/Mona)