METRO7.CO.ID, Tanjung – Guna berbagi informasi kepada kelompok pertanian seputaran Kecamatan Upau atau petani yang ada di Kabupaten untuk Tabalong, Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong menggelar kegiatan Gelar Agribisnis promosi dan kearifan tradisional di Desa Masingai II, Kecamatan Upau, Kabupaten Tabalong dari Tanggal 16-17 April 2018.

Acara ini dihadiri oleh Plt Bupati Tabalong H Zony Alfianoor, Plt Tim Pengerak PKK Kabupaten Tabalong Hj Nur Aina, Sekertaris Dinas Tanaman Pangan dan Holtikuktura Provinsi Kalimantan Selatan A Fauzian Noor, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong, Kepala SKPD lingkup Kabupaten Tabalong, Camat dan Unsur muspika.

Plt Bupati Tabalong H Zony Alfianoor dalam sambutanya sekaligus resmi membuka acara Gelar Agribisnis promosi dan kearifan tradisional mengatakan, kegaitan ini adalah salah satu ajang promosi, pameran produk yang bekenaan dengan pertanian, Pemerintah Kabupaten Tabalong sangat mendukung kegiatan ini diharapkan acara ini menjadi agenda tahunan.

Dalam kegiatan ini sebanyak sembilan stan yang disediakan tujuh stan yang diikuti oleh Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) tingkat Kecamatan yang ada di Kabupaten Tabalong, setiap stan mempromosikan hasil pertanian di masing-masing wilayah dengan keungulanya diantaranya jenis sayuran, buah, rempah, dan olahan jajanan berbahan sayuran.

Selain itu, ada dua stand untuk para pengrajin Desa Masingai II menjual hasil produk jajanan rumahan.

Sekertaris Dinas Tanaman Pangan dan Holtikuktura Provinsi Kalimantan Selatan A Fauzian Noor usai usai mengunjungi beberapa stand mengatakan, dari beberapa produk yang ditampilkan ada hal menarik salah satunya olahan tomat yang dibuat seperti kurma, hanya saja kemasanya untuk kedepanya bisa lebih ditingkatkan.

Salah satu petani Masingai II Waris mengatakan, saat ini kendala dilapangan adalah yang utama masalah hama dan saya berharap kegiatan agribisnis promosi dan kearifan tradisional ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya guna menambah berbagi ilmu dengan petani lainya dalam hal bertani.”ucapnya. (Metro7/MC Tabalong/Mona)