Gunung Gangsa Satu Dari Sekian Banyak Potenai Wisata Balangan

0
58

METRO7.CO.ID, Paringin – Berkat topografi yang beragam, maka Kabupaten Balangan memiliki potensi wisata alam yang luar biasanya banyak. Mulai dari danau, sungai, gua, hutan hingga puncak gunung.

Khusus dataran tinggi yakni gunung, meski puncak Gunung Hauk dengan ketinggian 1325 Meter di Atas Permukaan Laut (MDPL) menjadi puncak tertinggi di Kabupaten Balangan. Namun ternyata, masih ada beberapa tempat puncak lainnya yang menyajikan pemandangan tak kala dengan panorama di puncak Gunung Hauk yang merupakan puncak tertinggi ke dua se Kalsel tersebut.

Salah satu puncak selain Gunung Hauk yang pantas didatangi ialah puncak Gunung Gangsa, meski hanya berada dikisaran tinggi 300an MDPL namun gunung batu kapur yang berada di Desa Hauwai Kecamatan Halong ini juga menyajikan pemandangan khas dari ketinggian dimana disekelilingnya bisa menyaksikan hanparan pegunungunan meratus.

Selain pemandangan yang indah, kelebihan dari salah satu potensi destinasi wisata Balangan yang patut dikunjungi karena keindahan alamnya ini juga mempunyai kelebihan lainnya yakni, akses menuju kesana yang mudah dan tidak memerlukan tenaga ektra dan yang terpenting biaya juga murah meriah.

Untuk menuju Gunung Gangsa ini sangat mudah dan nyaman, dari ibu kota Kecamatan Halong menuju Desa Huawai hanya diperlukan waktu tidak lebih dari 10 jika memakai kendaraan baik roda dua maupun empat. Setelah itu, untuk mencapai puncak gunung yang berada persis dipinggir jalan raya desa ini hanya perlu waktu sekitar 15 menit mendakinya.

“Perjalanan mulai simpang 4 halong hanya butuh 10 menit. Karena gunungnya berada di pinggir jalan, setelah sampai di desa kita tinggal mendaki gunungnya sekitar 15,” ungkap Utuh G yang merupakan warga Desa Huawai ini.

Menurutnya, saat berada diatas Gangsa bisa menikamati keindahan pemandangan alam yang terdiri dari hamparan pengunungan meratus serta ditemani kicauan beragam burung.
“Jika dipagi hari selain dapat menyaksikan sunrise kita juga akan merasakan sensasi berada diatas awan, karena kita dapat menyaksikan pemandangan pergerakan awan dari atas,” jelasnya. (Metro7)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here