METRO7.CO.ID, Banjarbaru — Bela Eksistensi Tanah Air (BETA) Banua I Tahun 2018 Kalimantan Selatan sudah usai. Banyak kenangan tersendiri yang didapat para peserta dan juga banyaknya catatan yang terekam didalam jiwa mereka.

Membina mental 300 orang untuk menjadi manusia yang baik tidaklah mudah. Tapi didalam kegiatan Bela Negara ini, Komandan Korem 101/Antasari Kolonel Inf Yudianto Putrajaya selaku motor penggerak dibantu oleh Danyonif 623/BWU Letkol Inf Roy Fahrul Rozi menjadikan kegiatan berjalan sesuai harapan semua pihak.

Disamping diberikan latihan fisik dan non fisik untuk merubah sikap dan mental mereka menjadi lebih baik, disiplin dan penuh rasa tanggung jawab, secara tidak langsung juga menempa jiwa persaudaraan yang tinggi sesama peserta, rasa saling membantu satu sama lain yang tidak mereka peroleh dunia luar sana.

Tidak hanya itu, Danrem Putrajaya juga memberikan latihan-latihan diluar dari latihan fisik seperti yang sudah mereka lakukan, mereka turun langsung untuk dan bagaimana mengelola sawah pertanian sehingga dengan ilmu-ilmu itu mereka bisa meterapkannya selepas kembali ke kampung halaman masing-masing.

Semua berharap apa yang sudah mereka peroleh, baik penempaan mental, ilmu dan pengalaman selama mengikuti Bela Eksistensi Tanah Air (BETA) Banua I Tahun 2018 Kalimantan Selatan menjadikan mereka manusia-manusia yang berguna dan bermanfaat bagi diri mereka, keluarganya, masyarakat dan negara ini. Semoga.

Bravo Antasari !!! (Metro7/sabirin)