METRO7.CO.ID, BANJARMASIN – ditengah gencarnya promosi wisata sungai di Banjarmasin, ada pemandangan yang kurang sedap diliat disekitar sungai dekat jembatan Antasan, dimana sampah-sampah menumpuk, berupa plastik bekas, peralatan dapur dan potongan kayu, Jum’at (24/8/2018), sungai terlekat pertengahan jalan Antasan Kecil Timur dan Barat.

Pantauan Metro7 di lapangan tumpukan sampah terlihat menumpuk dan menutup sebagian pinggiran sungai, sehingga sungai terlihat kotor dan tak enak dipandang.

Salah satu warga dekat sungai tersebut, menyatakan, memang beberapa hari ini sampah terlihat banyak, biasanya air sungai mau asin, karena kemarau panjang.

“Lebih baik lagi pemerintah melalui dinas terkait selalu memperhatikan, karena sungai merupakan keperluan warga untuk mencuci pakaian dan mandi,” ujar acil Imah warga dekat jembatan Antasan yang sedang asik duduk.

Ditambahkan, Ady salah warga di jalan AKT, dirinya sangat menyangkan kondisi itu, karena sungai di Banjarmasin sudah merupakan wisata, baik lokal sampai mancanegara, terlihat banyak turis asing sering lewat menaiki perahu motor (klotok) berkeliling kota Banjarmasin.

“Apalagi sekarang pemerintah provinsi Kalsel mengadakan festival wisata budaya pasar terapung 2018, harusnya diperhatikan kebersihan sungai dengan membenahi tempat pembuangan sampah dan memaksimalkan petugas kebersihan, supaya sampah jangan lagi dibuang ke sungai,” harapnya. (Metro7/ad)