Peringati HSN, BPS Balangan Gelar Lomba Matematika dan Statistika

0
159

METRO7.CO.ID, PARINGIN, Dalam rangka memeringati Hari Statistik Nasional (HSN) pada tanggal 26 September mendatang, Badan Pusat Statistik (BPS)Kabupaten Balangan akan mengadakan Lomba Matematika dan Statistika tingkat pelajar SLTA sedarajat se Kabupaten Balangan.

Lomba yang akan digelar pada Selasa, 18 September mendatang ini selain bagian dari rangkaian peringatan hari Statistik Nasional juga dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kecintaan dan daya saing siswa SMA/SMK/MA se-Kabupaten Balangan terhadap bidang perstatistikaan dan matematika.

Sekretaris panitia lomba, Faisal Fatchur Rachman mengungkapkan, lomba Matematika dan Statistika tingkat pelajar merupakan salah satu wujud nyata BPS Kabupaten Balangan dalam mewujudkan Visi Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan, yaitu “Terwujudnya Kabupaten Balangan Yang Maju Dan Sejahtera Melalui Pembangunan Sumber Daya Manusia”

Selain itu, kata Faisal, kegiatan ini juga peran serta pihaknya dalam mendukung salah satu Misi Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan untuk Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Pembangunan Pendidikan dan Kesehatan.

“Lomba Matematika dan Statistika ini merupakan salah satu sarana untuk memberikan kesempatan kepada siswa SMA/Sederajat di Kabupaten Balangan dalam mengembangkan kemampuan akademiknya, khususnya di bidang matematika dan statistika,’’ ujar Faisal, Senin (3/9) kemarin.

Bagi para peserta yang nanti menjadi juara, lanjut dia, akan diikutsertakan lagi dalam perlombaan yang sama namun ditingkat Provinsi Kalsel mewakili BPS Balangan.

Dengan ada jenjang perlombaan tersebut, menurut pria murah senyum ini, tentu menjadi salah satu kesempatan bagi pelajar Balangan untuk dapat menunjukkan kemampuannya dan membuktikan bahwa mereka memiliki kapabilitas dan daya saing tinggi yang tak kalah dengan siswa dari kabupaten/kota lain.

Terlepas dari itu semua, menurut dia, perlombaan ini juga sebagai ajang mempererat tali silaturahmi, meningkatkan semangat juang dalam meraih prestasi diantara pelajar, memupuk jiwa sportivitas dalam berlomba diantara siswa dan mengembangkan minat siswa pada bidang Statistika dan Matematika.

“Kami menghimbau dan berharap para pelajar tingkat SLTA sederajat di Balangan antusias ikut serta dalam lomba ini, sehingga tujuan kita bersama dalam memajukan SDM Balangan bisa terwujud,’’ pungkasnya. (Metro7)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here