TANJUNG – Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Jadi (Harjad) Ke 53 Kabupaten Tabalong tanggal 1 Desember 2018, akan diperbanyak dengan kegiatan Syukuran dan Keagamaan.

“Untuk tahun ini kegiatan seremonial akan kita kurangi,” kata Bupati H.Anang Syakhfiani saat melakukan jumpa pers dengan sejumlah awak media, Rabu tadi di Ruang Kerjanya.

Perubahan beberapa rangkaian kegiatan disebabkan karena pada tahun 2018 ini kebetulan Kabupaten Tabalong menjadi tuan rumah dari beberapa kegiatan, baik kegiatan tingkat Provinsi, tingkat Kabupaten dan terakhir baru saja kegiatan MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

“Oleh sebab itu acara hari jadi ke 53 ini lebih banyak kegiatan-kegiatan keagamaan, kemudian tidak ditinggalkan kegiatan seni budaya termasuk syukuran,” kata Bupati Anang.

Kegiatan pawai seni budaya Budaya dilanjutkan dengan Pameran Kuliner dan Bazar Seni Budaya.

Kemudian Kamis malam tanggal 29 November 2018 melaksanakan sholat hajat bersama di Mesjid Agung Al Shiratal Mustaqim Tanjung, dan pada hari Jum,at esok harinya dilaksanakan kegiatan penanaman pohon yang diawali dengan kegiatan bersepeda mulai jam.06.30 pagi dari halaman Pendopo memutar kearah Murung Pudak, setelah itu rombongan bersepeda ini langsung menuju simpang tiga Islamic Center untuk melakukan penanaman pohon bersama-sama.

Selanjutnya kegiatan hari Sabtu tanggal 1 Desember 2018 dilaksanakan kegiatan Upacara Peringatan Hari Jadi Ke 53 Kabupaten Tabalong di Lapangan Taman Giat Tanjung, yang dilanjutkan dengan Ziarah kemakam-makam para penuntut Kabupaten.

Setelah itu melakukan pelepasan Adventure Trail mengambil start di Murung Pudak, dan pada hari Minggu tanggal 2 Desember Kegiatan jalan santai, dan pada Minggu malam Tabliq Akbar sekaligus Tabalong bersalawat yang akan dipimpin Ustadz K.H.Asmuni/Guru Danau dan didampingi oleh Habib Umar Bafaqih dari Jogjakarta.

Hari Senin 3 Desember Kegiatan Syukuran Hari Jadi Ke 53 Kabupaten Tabalong di Halanan Pendopo Bersinar Pembataan Tanjung yang akan dimulai pada jam 07.00 pagi dengan tadarusan Al-Qur,an 53 khatam, setelah itu Syukuran bersama, sekaligus pesta rakyat dan dalam kegiatan syukuran serta pesta rakyat akan dilaksanakan kegiatan Pawai Pegelaran Seni Budaya Daerah Kabupaten Tabalong, sekaligus juga kegiatan festival buah.

Rangkaian kegiatan masih berlanjut pada senin malam Panitua Hari Jadi Tabalong akan mempersembahkan hiburan bagi masyarakat, dengan menampilkan group gambus Sabyan di Expo Center Mabuun.

Berlanjut kegiatan peringatan hari jadi Tabalong dengan kegiatan Road Race, Bersepeda atau Cross Contry dan balap sepeda di Sirkuit Marido pada tanggal 14 dan 15 Desember 2018.

Itulah semua rangkaian kegiatan Peringatan Hari Jadi Ke 53 Kabupaten Tabalong Tahun 2018 yang disampaikan Bupati H.Anang Syakhfiani pada kegiatan jumpa pers. (metro7/via)