KOTABARU – Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru Said Akhmad meresmikan Bank Sampah Desa Hilir Muara, Kecamatan Pulau Luat Utara, Kotabaru. Kemaren.

Pemerintah desa setempat memberi nama, bank sampah Hilir Muara Bercahaya.

Said Akhmad mengatakan permasalahan sampah sudah sangat memprihatinkan. Bahkan Presiden Jokowi telah meluncurkan program Indonesia Bersih, dimana seluruh lembaga dan kementrian bergerak aktif dalam mendukung penanganan sampah.

“Bank sampah ini merupakan salah satu program tekad Saijaan, yang salah satu kegiatannya adalah mengurangi sampah. Ini bentuk dukungan kita kepada program Indonesia bersih,” ujarnya dalam sambutan.

Said Akhmad berharap dengan hadirnya ini dapat membangun kesadaran untuk mewujudkan lingkungan yang hijau dan asri.

“Niat dan tekad kita harus terus didukung dan disukseskan, jangan cuma panas – panas tahi ayam,” celetuknya.

Mantan Sekda Tanbu ini, menginginkan kedepan semakin banyak bank sampah didirikan di desa di Kotabaru, sehingga dapat mendukung terwujudnya Kotabaru yang bebas sampah dan masyarakat yang berbudaya.

Ketua PKK Kabupaten Kotabaru, Hj Fatma Idiana Sayed Jafar ikut mendukung atas didirikannya bank sampah di Desa Hilir Muara .

“Kegiatan ini juga berkaitan dengan PKK makanya kami turun langsung kesini untuk mendukung program pemerintah,” kata Fatma.

Fatma mengatakan selama dua bulan ini PKK Kotabaru terus mensosialisasikan permasalahan sampah khususnya sampah plastik.

” Mudah-mudahan dengan adanya bank sampah ini akan menambah penghasilan ibu-ibu dan anak-anak kita juga,” harapnya.

Ketua Bank Sampah Hilir Muara Bercahaya Muhammad Ramli, mengaku butuh waktu empat hari untuk mensosialisakan ke masyarakat.

” Alhamdulillah masyarakat sangat antusias dengan keberadaan bank sampah, ini terbukti, hari minggu tadi kita mencoba membuka, dalam beberapa jam saja sudah terkumpul 100 kilo lebih,” terangnya.

Ditambahkan Ramli, saat ini anggota bank sampah hilir muara bersinar berjumlah 10 orang. Setiap bulannya mereka selalu mendapatkan pembinaan dari Dinas Lingkungan Hidup Kotabaru. ( metro7/syn/rel).