KOTABARU – Guna memperkuat SDM terkait penyelamatan diatas air, maka Kantor SAR Banjarmasin melaksanakan kegiatan pelatihan kepada potensi SAR di wilayah Kotabaru.

“Hari ini KM SAR Laksmana berangkat dari pelabuhan PPI Kotabaru menuju Pantai Gedambaan,” kata Kasi Sumberdaya Kantor SAR Banjarmasin, Endrow Sasmita, Jumat ( 5/4).

Endrow mengatakan dalam pelatihan ini peserta dilatih bagaimana cara melakukan pertolongan dipermukaan air, menyelamatkan korban dan diri sendiri.

Sementara keterlibatan KM laksmana, kata Endrow untuk mendukung materi bertahan di air, jika ada bahaya saat penyelamatan di atas kapal.

“Peserta terdiri dari 25 instansi dan organisasi potensi SAR dikotabaru dengan 41 personil,” katanya.

Perlu diketahui, tambah Endrow KM SAR Laksmana buatan Indonesia ini baru beroperasi setahun. Ia dikengkapi peralatan canggih seperti alat pendeteksi kapal yang berada diradius 5 mil.

Kapal ini memiliki kecepatan 25 – 30 knot dengan di dukung 3 mesin. Laksamana dilengkapi ruang medis untuk perawatan korban, dengan daya tampung korban 250 orang.

“Kapal ini pernah berlayar ke Palu, Sulawesi Tengah dalam misi kemanusian dan operasi kapal terbakar,” tandasnya. (metro7/ syn).