Hawinggo
Kades Pulau Patai
Suprayogi. ST
Kabig Bina Marga
Tamiang Layang — Perbaikan jalan yang diharapkan oleh warga Desa Pulau Patai Kecamatan Dusun Timur belum juga terkabul. Padahal kerusakan jalan sepanjang tujuh kilometer yang menjadi akses utama menuju masyarakat itu sudah beberapa kali diusulkan kepada Pemerintah Kabupaten Barito Timur untuk diperbaiki.
Karena usulan mereka belum dikabulkan pemerintah, warga setempat terpaksa melakukan perbaikan sendiri. Setidaknya mereka sebulan sekali mereka bergotong royong memperbaiki jalan yang rusak agar bisa dilalui. Namun karena perbaikan dilakukan seadanya maka hanya selang beberapa waktu jalan itu kembali rusak.
“Jalan itu masih berupa tanah dan pasir putih. Saat ini kondisinya parah, bahkan berkubang lumpur. Padahal aktivitas keseharian warga untuk menuju kecamatan maupun kabupaten melintasi jalan tersebut,” ungkap Hawinggo, Kepala Desa Pulau Patai.
Ia sudah sering mengusulkan Kepada Pemerintah Kabupaten Bartim untuk memperbaiki jalan tersebut, namun belum ditanggapi. Karena itu Hawinggo berinisiatif memperbaiki seadanya bersama warga.
Untuk menutupi kubangan lumpur mereka harus memecah batu gunung. Upaya itu tidak bertahan lama karena jika diguyur hujan dipastikan rusak lagi. “Tapi ini paling tidak mengurangi resiko ancaman kecelakaan di jalan untuk warga yang melintas,” imbuhnya.
Kabid Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bartim, Suprayogi ST, mengakui saat ini memang banyak permohonan warga untuk perbaikan jalan. Ia berkilah dengan alasan klasik, anggaran untuk melakukan perbaikan sangat terbatas.
Sebenarnya, kata Suprayogi, pihaknya tidak menginginkan adanya jalan rusak di desa-desa.  “Jika anggaran kita mencukupi, maka akan kita laksanakan untuk perbaikan jalan tersebut, namun sebaliknya jika anggarannya tidak mencukupi maka kita tidak bisa untuk berbuat banyak. Karena itu PU hanya pelaksana teknis untuk di lapangan, kalau ada jalan desa yang rusak kita akan berupaya untuk mengusulkan perbaikan sesuai dengan tupoksi (tugas pokok dan fungsi) kita dan sesuai dengan kemampuan anggaran daerah,: tegasnya. Metro/Ali/Fauzi