TANJUNG – Lomba panjat tebing (Sport Climbing Competion) yang pertama kali diselenggarakan Pengurus Federasi Panjat Tebing Indonesia (FKPTI) Kabupaten Tabalong yang akan berlangsung selama empat hari yang dibuka secara resmi oleh Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, Kamis (23/1/2020) di Venue Panjat Tebing Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) depan Stadion GOR Pembataan Tanjung.

Ratusan peserta dari beberapa provinsi turut ambil bagian dalam gelaran Tabalong Sport Climbing Competion Regional Kalimantan 2020 yang pertama kali di Kabupaten Tabalong ini.

Ketua Panitia Pelaksana lomba panjat tebing Arif Nur Budiman, mengatakan ada delapan nomor yang dipertandingkan, mulai dari kelas umum, mahasiswa hingga hingga kelas pelajar.

Dalam lomba panjat tebing ini, Arif mengatakan pihaknya menyediakan total hadiah sebesar Rp 40 juta, disamping itu pemenang juga akan diberikan trophy dan piagam penghargaan.

“Artinya atlet panjat atlet panjat tebing ini bukan sekedar berprestasi tetapi ada reward dan insentif yang diberikan oleh panitia,” katanya

Kegiatan lomba juga bisa terselenggara atas dukungan berbagai pihak, termasuk pihak perusahaan seperti PT Pamapersada Nusantara.

Bupati H Anang Syakhfiani dalam sambutannya saat membuka kegiatan lomba ini mengatakan lomba panjat tebing yang pertama kali diselenggarakan di Kabupaten Tabalong sebagai bagian dari ikhtiar bersama untuk menciptakan ruang dan tempat bagi generasi muda Bumi Saraba Kawa.

“Saya anggap ruang dan tempat yang diciptakan oleh Federasi Panjat Tebing Indonesia Tabalong ini bukan tempat ruang yang kosong, karena total hadiahnya sebesar Rp 40 juta,” katanya.

Sementara menurut Manager CSR Dept Head PT Pamapersada Nusanta Distrik Adaro, Ono Karno mengatakan pihaknya sangat mendukung untuk kegiatan lomba panjat tebing ini, karena disamping mencari bibit atlet panjat tebing yang handal dan kompeten.

“Kita akan terus dukung kegiatan seperti ini agar terus bisa bisa berkompetisi ke tingkat provinsi, nasional maupun internasional,” harap Ono Karno. (metro7/via).