METRO7.CO.ID, BANJARMASIN – Keseriusan Pemerintah Kota (Pemko) untuk menjadikan Kota Seribu Sungai (Banjarmasin) sebagai kota sehat sudah berjalan dengan baik, begitulah ungkapan yang disampaikan oleh Ketua Forum Kota Sehat Kota Banjarmasin Faturahman, Kick Off Verifikasi Lapangan Kota Sehat Banjarmasin tahun 2017, di Aula Kayuh Baimbai, Balai Kota Banjarmasin, Selasa (19/9/2017).
Keseriusan Pemko Banjarmasin menjadikan Kota Seribu Sungai tersebut sebagai kota sehat, menurut Faturrahman, dapat dilihat dari beragam kegiatan yang sudah dilakukan guna untuk menjadikan kota ini sebagai kota sehat telah.
“Kami selama ini, telah bersungguh-sungguh ingin menjadikan Kota Banjarmasin ini sebagai kota sehat. Untuk itu, perlu dukungan semua pihaknya,”ujarnya.
Atas kesungguhan kerja yang telah dilakukan itu, lanjut dia, maka sudah seharusnya Kota Banjarmasin layak mendapatkan predikat sebagai Kota Sehat.
Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina mengatakan, sesuai dengan RPJP Kota Banjarmasin 2006 – 2025, maka diharapkan tahun 2015 nanti Banjarmasin menjadi kota yang maju dan sejahtera.
Untuk mewujudkan visi tersebut, menurutnya, berbagai upaya telah dilakukan Pemko Banjarmasin hingga lima tahun ke depan.
“Mewujudkan Banjarmasin sejahtera ini, salah satunya dengan menciptakan Banjarmasin Bersih Wan Nyaman (Beriman). Tapi Banjarmasin Beriman ini, bukan hanya slogan, tetapi terus kita upayakan termasuk oleh semua komponen masyarakat hingga benar-benar menjadi kota barasih wan nyaman,” bebernya.
Banjarmasin Baiman itu, lanjut Politisi PKS ini, merupakan persamaan dari Banjarmasin sehat.
Lebih jauh dirinya mengungkapkan, mewujudkan ini semua maka berbagai program telah dilakukan Pemko Banjarmasin diantaranya, program lingkungan clean and green, program penataan sungai dan dranase, serta program pengolahan air limbah. “Sedangkan program lain yang terus dikembangkan untuk mendukung percepatan menuju kota sehat adalah pengembangan budaya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS),” terangnya.
Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Verifikasi Kota Sehat Tutut Indra Wahyuni menjelaskan, penilaian untuk penetapan kota sehat itu meliputi tentang kebersihan, kenyamanan, keamanan dan kesehatan.
“Saya ucapkan selamat kepada Kota Bajarmasin yang telah lolos tahap dokumen dan berhak mengikuti verfikasi kota sehat. Banjarmasin termasuk dari 72 kota yang lulus dari 172 kabupaten dan kota yang mengikuti seleksi Kota Sehat ini,” pungkasnya. (Metro7/Humpro/ Nurulhayati)

Baca Juga : Pembakar Lahan Bakal Berhadapan Dengan TNI