METRO7.CO.ID, PARINGIN- Bupati Balangan H Ansharuddin secara langsung ikut menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2017 yang diselengarakan oleh Kementerian Keuangan RI.
Rekarnas keuangan dengan tema “Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Negara Untuk Indonesia Sejahtera” dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, Kamis (14/9/2017).

Dalam Rakernas yang dibuka oleh Presiden RI ini, juga dihadiri oleh para Menteri/Pimpinan Lembaga, Gubernur, bupati/walikota, Sekjen, Aparat Pengawas Intern Pemerintah dan Pimpinan Institusi terkait.
Dalam arahannya, Presiden RI mengatakan, penyelenggaraan Rakernas ini bertujuan untuk meningkatkan komitmen pimpinan lembaga dan daerah untuk meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan negara, membangun kesadaran bahwa tujuan pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel adalah mewujudkan Indonesia yang sejahtera dan berkeadilan, meningkatkan pemanfaatan informasi yang tersaji pada laporan keuangan sebagai dasar pengambilan keputusan dalam rangka meningkatkan manfaat bagi masyarakat.

“Selain itu juga, memastikan sinergi penerapan akuntansi berbasis aktual dalam mewujudkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan negara pada pemerintah pusat dan daerah,” ungkapnya.
Sementara itu, Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani menyampaikan bahwa pencapaian opini WTP harus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Opini WTP ini kata dia mempunyai makna yang mendalam, tidak hanya bagi pemerintah selaku pengelola keuangan negara, namun juga bagi perekonomian nasional dan masyarakat.
Pada Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan tahun 2017 itu, pemerintah juga memberikan penghargaan bagi Kementerian Negara/lembaga dan pemerintah daerah yang telah mendapat opini WTP dari BPK minimal selama lima kali berturut-turut.
Untuk Kabupaten Balangan sendiri, pada Rekarnas ini belum mendapatkannya karena baru empat kali berturut-turut mendapatkan opini WTP. (metro7/sugi)