MUSIRAWAS, metro7.co.id – Terkait beredarnya pupuk Palsu di Kabupaten berslogankan Lan Serasan Sekantenan dan kasus tersebut berhasil diungkap oleh jajaran Polres Musirawas hingga mendapatkan perhatian serius dari berbagai kalangan elemen diantaranya dari pihak Legislatif .

Seperti yang diutarakan Anggota DPRD Kabupaten Musi Rawas, Al Imron meminta Pemkab Musi Rawas khususnya Dinas Pertanian dan Perternakan daerah setempat agar bisa mengambil langkah dalam mengatasi persoalan Pupuk Palsu dengan tujuan jangan sampai terulang kembali. Hal itu ditanggapi baik oleh Kepala Dinas Pertanian Musi Rawas, Zuhri Syahwal, SP.M.Sc.M.Eng.

Orang nomor satu pada Jajaran Dinas Pertanian & Peternakan tersebut mengatakan bahwa pihaknya menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada DPRD Kabupaten Musi Rawas yang telah memberikan perhatiannya terhadap Dinas yang ia pimpin dan kepeduliannya kepada para Petani di Musirawas.

“Kedepannya kita akan semakin agresif lagi dalam bekerja, kita juga tak lupa memberikan apresiasi kepada Polres Musi Rawas atas keberhasilan dalam mengungkap penjualan pupuk palsu. Kemudian dalam hal ini bukan berarti Dinas Pertanian tidak melakukan upaya guna antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kasus pupuk palsu, upaya secara terjadwal dan regular telah dilakukan. Kita ada yang namanya kegiatan-kegiatan monitoring kios-kios resmi, tempat pengecer resmi tempat penjualan pupuk-pupuk itu. Dan kita melalui para penyuluh dilapangan menghimbau kepada kelompok tani agar membeli pupuk itu di tempat yang resmi insya’allah pupuk yang dibeli tidak palsu,” ucap Kepala Dinas Pertanian & Peternakan Musi Rawas, Zuhri Syahwal ketika diwawancarai Wartawan Metro7, Kamis, (16/09/2021).

Dirinya juga menjelaskan memang keberadaan oknum – oknum yang menjual pupuk palsu dengan secara langsung ke Petani, pihaknya mengaku cukup kesulitan untuk mendeteksi.

“Ya yang namanya oknum menjual pupuk palsu kan enggak mungkin menjual secara terang terangan, pasti sembunyi sembunyi. Makanya sekali lagi kita menghimbau ke Petani kalau mau membeli Pupuk di kios resmi dan itu kita monitor kios-kios resmi tersebut kalau oknum jual langsung ke petani kita agak sulit untuk mendeteksi itu. Kalau seandainya petani membeli di kios resmi, konsultasi dengan penyuluh yang ada sebelum membeli dan tidak mudah tergiur dengan harga yang murah, insya’allah tidak terjadi lagi. Karena biasanya petani itu membeli tergiur dengan harga yang murah. Sementara tampilan fisiknya hampir tidak bisa dibedakan,” tutup Kepala Dinas Pertanian & Peternakan Musi Rawas, Zuhri Syahwal. ***