BARABAI- Usai memantau pembagian dana Program Keluarga Harapan (PKH) di Kantor Pos Birayang Kecamatan Batang Alai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Bupati HST H Harun Nurasid didampingi Sekda HST HA Agung Parnowo, Kepala Disnakertransos HST Ainur Rafiq, dan Kepala PT POS Indonesia Cabang Barabai Sumista, melakukan peninjauan pembagian dana PKH di Kantor Pos Pantai Hambawang Kecamatan Labuan Amas Selatan (LAS). Kamis, (7/5). Kedatangan bupati Harun Nurasid beserta rombongan disambut antusias oleh warga setempat
Dalam sambutannya, Bupati Harun menegaskan kepada penerima bantuan tunai bersyarat itu bahwa dana tersebut diarahkan untuk membantu warga sangat miskin dalam memenuhi kebutuhan pendidikan dan kesehatan, selain memberikan kemampuan kepada keluarga untuk meningkatkan pengeluaran konsumsi.
“PKH diharapkan dapat mengubah perilaku Keluarga Sangat Miskin untuk memeriksakan ibu hamil dan Balita ke fasilitas kesehatan seperti posyandu, dan mengirimkan anak ke sekolah dan fasilitas pendidikannya. Sehingga dalam jangka panjang, PKH diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar-generasi,” Kata Harun.
Selain itu, orang nomor satu di Bumi Murakata ini juga menuturkan selama beberapa tahun terakhir, HST terus mendapatkan penghargaan mulai dari bidang pertanian, sampai pendidikan. Seperti yang telah diraih beberapa waktu lalu, HST telah mendapatkan penghargaan Ki Hajar Award. “Ini juga menunjukkan bahwa HST focus dalam bidang pendidikan,” tuturnya.
Sementara itu, Sumista selaku kepala PT Pos Indonesia Cabang Barabai, memaparkan untuk di kecamatan LAS jumlah penerima bantuan sebanyak 155 orang dengan total bantuan sebesar Rp. 48.762.500,-.
“Dana yang diberikan harus dipergunakan untuk keperluan pendidikan dan kesehatan, untuk itu diharapkan penerima dana PKH dapat mempergunakannya dengan baik,” terangnya.
Peninjauan pembagian dana PKH ini pun dilanjutkan ke kantor Pos Haruyan kecamatan Haruyan. Adapun penerima dana PKH untuk warga kecamatan Haruyan berjumlah 120 orang dengan dana alokasinya sebesar Rp. 39.125.000,-. AdvHumHST