BARABA- Sejumlah ibu-ibu mengantri di depan Kantor Pos Birayang Kecamatan Batang Alai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), untuk mendapatkan pembagian uang bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Kamis (7/5).
Bantuan PKH yang dibagikan setiap tiga bulan sekali itu merupakan salah satu dari upaya pemerintah untuk mengurangi angka kemiskinan dengan sasaran Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) khususnya ibu hamil, memiliki bayi dan anak sekolah hingga SMP.
Disela-sela pembagian dana PKH tersebut, ibu-ibu yang mengantri sontak bersemangat dengan kehadiran Bupati HST H Harun Nurasid ditengah-tengah mereka. Sebagian ada yang langsung menjabat tangan dan ada juga yang memoto menggunakan kamera handphone.
Pada kesempatan itu, Bupati Harun Nurasid menjelaskan kepada para pendamping PKH agar pembagian dana tersebut, sesuai dengan anggaran yang ditentukan, dengan harapan warga kita bisa terbantu. “Peran pendamping PKH sangatlah penting guna kelancaran proses pembagian bantuan tunai bersyarat tersebut,” katanya.
Lebih lanjut, ia juga mengharapkan kepada seluruh penerima dana PKH agar menggunakannya dengan sebaik-baiknya, terutama untuk pendidikan anak-anaknya. “Pendidikan dan kesehatan anak sebagai generasi penerus bangsa sangatlah penting, sehingga harus kita perhatikan secara terus menerus,” ungkapnya.
Sebelumnya, Sumista selaku kepala PT POS Indonesia Cabang Barabai juga menuturkan, jumlah penerima dana PKH se HST sebanyak 2.568 orang dengan total bantuan berjumlah Rp.730.022.500,-. “Untuk penerima dana PKH di Kecamatan BAS sebanyak 294 orang dengan total anggarannya sebanyak Rp. 79.787.500,” terangnya.
Pemantauan kegiatan pembagian dana PKH tahap pertama tahun 2015 ini juga diikuti oleh Sekda HST HA Agung Parnowo, Kepala Disnakertransos HST Ainur Rafiq, Kepala PT POS Indonesia Cabang Barabai Sumista, dan Camat BAS Sufiani. AdvHumHST