AMUNTAI – Bertempat dihalaman Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Senin, (14/9/2015), Dinas pendidikan setempat menyerahkan Sepeda bagi siswa siswi kurang mampu, dalam hal ini diserahkan secara langsung oleh Bupati kota Amuntai Drs, H,Abdul Wahid HK, didampingi Wakil Bupati H. Husairi Abdi Lc.
Dimana Wahid pada kesempatn itu mengatakan, enyerahan 225 sepeda merupakan kebijakannya dari Pemerintah Daerah melalui Dinas terkait, guna menekan siswa agar tidak  putus sekolah Khususnya bagi siswa yang kurang mampu di HSU.
”Kebijakan dimulai sejak tahun 2013,  kita melihat ada kecendrungan bahwa anak putus sekolah cukup tinggi,”Ujarnya.
Karena adanya hal tersebut, pemerintah membentuk satgas dan melakukan sweping ke berbagai lembaga baik sekolah dan desa untuk mendata, dari data itulah bisa mengetahui kendala mengapa para siswa rentan putus sekolah, ternyata kebanyakan terkendala masalah Transportasi.
Dengan itu selaku pemerintah Daerah pihaknya turut prihatin, sehingga melalui dinas  pendidikan diusahakan untuk memberikan bantuan berupa beasiswa, supaya anak rajin bersekolah ditambah dengan dukungan kedua orang tua masing masing.
Sementara H.Rahmat Selaku Kepala Dinas Pendidikan HSU, mengatakan, untuk beasiswa diserahkan kepada pelajar tingkat SMP/MTS dan SMA/SMK  sebanyak 225 buah alat trasportasi berupa sepeda yang tersebar diseluruh kecamatan se HSU,khususnya bagi siswa kurang mampu yang terancam putus sekolah.Besiswa diberikan berupa trasportasi dalam bentuk uang untuk pembelian sepeda Rp. 950.000 untuk siswa laki laki, Rp. 900.000 bagi siswa perempuan, ditambah 9 orang siswa mendapatkan beasiswa alat perlengkapan sekolah berupa, seragam, tas, sepatu, buku serta keperluan lainnya, dalam bentuk uang se Besar Rp. 300.000, dengan total keseluruhan beasiswa yang diserahkan sebesar Rp. 212.050.000. (metro7/awir).