Barabai — Sebanyak 37 orang calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang lulus pada seleksi tahun 2013 lalu, menerima SK Pengangkatan CPNS formasi tahun 2013. SK tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) Dr H Harun Nurasid pada apel Linmas, Senin (24/2) tadi.
Penyerahan SK CPNS tersebut berdasarkan surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor R/118.F/M.PAN-RB/08/2013 tanggal 26 Agustus 2013 perihal Persetujuan Rincian Formasi CPNS Daerah untuk pelamar umum tahun 2013 serta peraturan Kepala BKN Nomor 9 tahun 2012 tanggal 6 Agustus 2012 tentang pedoman pengadaan calon pegawai negeri sipil.
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) HST, Mahyudin, dalam laporannya menyampaikan bahwa jumlah pelamar umum formasi tahun 2013 di lingkungan Pemerintah Kabupaten HST sebanyak 37 orang yang terdiri dari 34 orang guru kelas, satu orang guru teknologi informasi komputer, satu orang guru teknik komputer jaringan dan satu orang guru administrasi perkantoran. “Setelah diterimanya SK CPNS tersebut, ini menjadi tanggung jawab baru bagi CPNS untuk melaksanakan tugas barunya dengan baik,” katanya.
Dalam sambutannya, Harun Nurasid mengungkapkan rasa bangga karena daerahnya telah memperoleh guru baru yang bersedia ditempatkan di sekolah-sekolah terpencil. “Ini salah satu langkah kita untuk mencerdaskan kehidupan warga kita. Bukan hanya yang berada di perkotaan namun juga yang berada di daerah pedesaan, bahkan daerah terpencil sekalipun,” katanya..
Lebih lanjut, Harun menuturkan bahwa pilosofi dalam membangun daerah, harus melalui putra-putra daerah itu sendiri. “Dengan adanya SDM yang berdaya saing, maka pembangun daerah kita akan lebih baik lagi dan lebih maju dan hal ini menjadi tanggung jawab para pendidik untuk lebih maksimal mencerdaskan masyarakat HST,” tuturnya.
Harun juga mengharapkan seluruh jajaran aparatur pemerintah, khususnya Dinas Pendidikan dan para guru untuk sepakat menciptakan SDM yang handal dan mempunyai daya saing. “Mari kita sepakat ciptakan SDM yang handal dan berdaya saing, guna pembangun daerah kita Bumi Murakata,” pungkasnya. AdvHumHST