TANJUNG – Terpuruknya harga batubara dunia turut serta menghantam perusahaan besar PT Adaro Indonesia yang berinvestasi di Kabupaten Tabalong. Padahal kiprah pembangunan perusahaan konsersium asing tersebut di Banua berjuluk Sarabakawa cukup besar dan berdampak berkurangnya kucuran bantuan dana pembangunan.
Untuk itu dimomentum Bulan Ramadhan kali ini, Pemerintah Kabupaten Tabalong yang kini dipimpin Bupati H Anang Syakhfiani mengajak publik masyarakatnya untuk bersama mendo’akan Adaro agar bisa keluar dari kondisi sulit dan tentunya terus bisa berkotribusi dalam membangun daerah yang berada di penghujung Kalimantan Selatan ini.
“Mudah-mudahan krisis harga batubara cepat berakhir. Dan kita do’akan Adaro tetap bisa berkontribusi bersama-sama Pemkab Tabalong dalam membangun daerah,” kata bupati Anang saat sambutan buka puasa bersama Pemkab Tabalong dengan PT Adaro Indonesia dan masyarakat di Mesjid Assiratal Mustaqim Tanjung, Rabu tadi.
Bagi Anang, kiprah kebersamaan Adaro dalam membangun Tabalong cukup punya andil besar bagi daerahnya. Disebutnya tak hanya pembangunan daerah, juga lewat kucuran dana CSR serta program-program sosialnya, Adaro turut serta mensejahterakan masyarakat.
Dicontohkan Anang, kebersamaan dalam membangun ditunjukkan Adaro lewat bersinergi dengan program Pemkab terkait angkutan gratis bagi pelajar dan masyarakat, yakni bantuan armada angkutan yang sampai saat ini berjumlah 18 buah mobil.
“Buah bantuan tersebut juga membawa daerah kita mendapat penghargaan Pusat yakni WTN (wahana tata nugraha) kategori lalu lintas dan angkutan. Dan merupakan satu-satunya Kabupaten se Kalimantan yang meraih pengakuan bergengsi tersebut,” katanya.
Selain itu, Anang pun turut berharap kedepannya Adaro bisa lebih membuka peluang kerja bagi masyarakatnya. Juga dapat merangkul pengusaha lokal untuk berusaha di bidang energi batu bara yang dikelola Adaro.
Sementara, Presiden Direktur PT Adaro Energy Tbk, H Boy Geribaldi Thohir yang hadir di acara kebersamaan tersebut turut memastikan, meski saat ini kondisi perusahaannya berada dimasa-masa sulit. Namun, dia berjanji asalkan Adaro masih ada di Tabalong, akan terus memenuhi kebersamaan bersama dalam membangun daerah sekaligus tanggung jawab perusahaannya dalam mensejahterakan masyarakat Tabalong khususnya.
“Meski kondisi perusahaan saat ini sulit. Pastinya kita akan terus berkontribusi untuk Tabalong ini,” janjinya saat sambutan dihadapan jemaah buka puasa Mesjid Assiratal Mustaqim Tanjung.
Pada kegiatan buka puasa bersama tersebut turut dihadiri Dandrem 101 Antasari Kolonel Kav ‎Yanuar Adil. Buka puasa yang penuh nuansa kebersamaan itu juga dihadiri ratusan masyarakat Tabalong yang memadati Mesjid yang berada di Ibukota Tanjung tersebut. (metro7)