PARINGIN – Ratusan calon jemaah haji (CJH) asal Kabupaten Balangan yang telah berangkat menuju tanah suci Mekkah Al Mukarromah ,diingatkan untuk saling menjaga kerukunan dan saling membantu satu sama yang lainnya,jangan sampai nantinya ibadah yang dilaksanakan selama berada disana menjadi tidak khusyu.
 “Saya ingatkan lagi agar calon haji Balangan untuk saling menjaga satu sama lain serta selalu menjaga kerukunan antar sesama dan yang tak kalah pentingnya adalah jaga kesehatan agar kondisi badan selalu sehat fit,karena cuaca di sana sangat berbeda dengan di indonesia ,”ujar wakil bupati balangan H.Anshar ruddin saat melepas CJH balangan di halaman pemkab balangan.
 Anshar berharap ibadah yang dijalankan oleh seluruh jamaah yang diberangkatkan ketanah suci Mekkah  selalu mendapatkan keridhoan dari Allah swt dan menjadi haji yang mabrur,serta bisa menjadi lebih baik dalam menjalani kehidupan sehari-hari ketika kembalinya ketanah air.
 “Yang jelas menjalankan ibadah dengan khusyu harus benar-benar tetap di fokuskan selama menjalankan ibadah haji ,Kita sebagai umat muslim ,selalu berupaya dengan baik mensyukuri nikmat yang telah di berikan olehnya,Apalagi kita bisa sampai menginjakkan kaki di tanah suci serta bisa menjalankan ibadah dengan niatan hati yang baik dan ikhlas hanya semata-mata mengharapkan ridho –NYA saja,”harapnya
 Di ketahui ,CJH asal Balangan tergabung dalam kloter sembilan , dimana selain balangan kloter sembilan berisi jamaah dari kabupaten tetangga yakni Martapura ,sebelumnya seluruh CJH telah menjalani pemeriksaan kesehatan di asrama haji . Dan dari data yang didapat ,CJH asal kabupaten Balangan berjumlah 132 orang, berhubung ada yang meninggal dunia dan dalam keadaan hamil tua yang tidak memungkinkan untuk ikut berangkat ketanah suci untuk menunaikan ibadah haji ,maka dua orang dari 132 di batalkan untuk di berangkatkan ketanah suci ,sehingga rombongan yang berangkat sekarang hanya 130 orang.
Adapun kalangan SKPD yang termasuk dalam rombongan jemaah haji tersebut yakni kepala dinas pendidikan dan anggota DPRD kabupaten balangan ,yang mana dalam keberangkatan tersebut di iringi dengan suasana terharu antara sedih dan bahagia ,keberangkatkan tersebut di lepas dengan penuh do’a  agar  selamat sampai ketujuan dan menjadi hj yang mabrur .
  Selain dihadiri ribuan masyarakat, pelepasan rombongan haji tersebut juga disaksikan dan dihadiri langsung oleh ketua DPRD Balangan H Zainuddin ,Polres Balangan,Kejaksaan Tinggi Negeri dan kalangan SKPD lainnya. Metro7/Sri