Tamiang Layang — Sebanyak 131 Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Barito Timur tahun ini akan berangkat ke Tanah Suci Mekkah. Para JCH mulai melakukan latihan Manasik Haji.
Kegiatan manasik haji yang dipusatkan di Masjid Ar Rahman Tamiang Layang tersebut, juga disertai dengan pembekalan oleh Kementrian Agama Kabupaten Bartim.
Bupati Bartim, Ampera AY Mebas dalam sambutannya ketika membuka Acara latihan para JCH di Mantawara, Selasa (27/8), mengingatkan agar para JCH dapat mempersiapkan diri sebaik baiknya sebelum berangkat menunaikan ibadah haji. Tak lupa Ampera berpesan agar menjaga kondisi kesehatan ketika sedang berada di tanah suci Mekkah.
Dalam kesempatan tersebut, Ampera juga menyerahkan secara simbolik seragam haji beserta perlengakapan lainnya kepada salah satu peserta. “Persiapkan diri sebaik-baiknya untuk melakukan ibadah haji dan jaga kondisi kesehatan. Semoga menjadi haji mabrur nantinya” ujar Ampera.
Sedangkan Kabid Penyalur Haji dan Umrah Kementrian Agama (Kemenag) Bartim, Maslan S,Ag mengatakan, sampai saat ini persiapan JCH sudah 95 persen. Menurutnya, tidak ada kendala terhadap 131 peserta yang mengikuti manasik haji ini, baik secara teknis maupun non teknis, karena sudah diadakan pelatihan kesiapan fisik dan mental kepada JCH agar benar-benar mereka siap menjalani rangkaian ibadah haji di tanah suci nanti.
“Kami sudah melakukan pelatihan terhadap kesiapan fisik dan mental para calon jemaah haji. Rencananya, nanti kami akan mengadakan vaksin kesehatan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan,” ungkap Maslan.
Dengan persiapan yang telah dilakukan sampai sejauh ini, Maslan menilai para jemaah dalam kondisi kesiapan yang sangat baik. Maslan berharap tidak ada kendala dan para jemaah dapat melakukan ibadah haji dengan khusuk dan menjadi haji Mabrur. (Metro7/MJ/Sigit)