TAMIANG LAYANG – Wakil bupati Bartim, H Suriansyah SKM, menghimbau kepada seluruh Jemaah Calon Haji yang berangkat ke tanah suci Mekkah untuk Menjaga kondisi kesehatannya ketika menjalankan ibadah haji. Pasalnya, diungkapkan Suriansyah karena kondisi iklim di Indonesia dan Mekkah berbeda.
Tak hanya iklim, kegiatan para JCH dalam rangkaian ibadah haji dinilai Suriansyah dapat menguras energi. Sehingga, harus menjaga kondisi fisiknya agar tetap bugar dalam menjalankan serangkaian kegiatan ibadah haji.
“Para JCH dihimbau menjaga kondisi ketika melaksanakan rangkaian ibadah haji nanti,” ujar Suriansyah.
Suriansyah menuturkan, para JCH juga diminta menyiapkan diri untuk beradaptasi dengan situasi dan kondisi di tanah suci. Para JCH yang berangkat, nantinya akan bertemu dengan para JCH yang berasal dari negara lain yang tentunya berbeda karakter maupun sifatnya. Para JCH juga diingatkan untuk menghormati ketentuan maupun tata tertib yang berlaku di negara Arab Saudi.
“Nantinya jika sudah di sana (Arab Saudi, red), para JCH harus beradaptasi dengan situasi dan kondisi. Karena mereka akan bertemu JCH dari negara lain yang berbeda karakter maupun sifatnya. Harus menghormati adat istiadat dan peraturan yang berlaku disana,” papar Suriansyah.
131 JCH Kabupaten Bartim telah berangkat menuju Embarkasi Palangkaraya dengan menggunakan lima buah armada bus. Meski telah lolos uji medis melalui beberapa rangkaian pemeriksaan medis, dalam rombongan JCH tersebut  terdapat 13 JCH yang dikategorikan resiko tinggi karena telah berumur lebih dari 60 Tahun. Nantinya para JCH ini akan melakukan serangkaian ibadah haji , dan pulang ke Indonesia pada 3 November 2013 nanti.(Metro7/MJ/Sgt)