TAMIANG LAYANG – Sejumlah 131 peerta Jemaah Calon Haji kabupaten Barito Timur berangkat menuju ke embarkasi yang berada di Palangkaraya. Pelepasan dan pemberangkatan JCH ini dipimpin langsung oleh Bupati Bartim Ampera AY Mebas, Senin (1/10) di halaman Masjid Ar Rahman Tamiang Layang.
 Kepala Kantor Kementrian Agama, H Abdurrahman SPd dalam sambutannya mengatakan,pemberangkatan JCH tahun 2013 ini mengalami kenaikan 20% dibandingkan tahun lalu. Disebutkannya, pada tahun ini kabupaten Bartim memberangkatkan 131 JCH. Dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya memberangkatkan 114 JCH.
 “Keberangkatan tahun ini mengalami kenaikan 20% dibandingan tahun lalu yang hanya memberangkatkan 114 orang,” papar Abdurrahman.
 Abdurrahman menuturkan, hingga saat ini daftar waiting list atau daftar tunggu keberangkatan haji di Kabupaten Bartim mencapai 1706 orang. Tak dipungkiri, dengan jumlah tersebut diperkirakan dapat diberangkatkan seluruhnya hingga tahun 2027 nanti.
 “Daftar tunggu untuk keberangkatan haji mencapai 1706 orang. Diperkirakan baru bisa diberangkatkan seluruhnya hingga tahun 2027 nanti,” ungkap Abdurrahman.
 Abdurrahman berpesan kepada seluruh JCH agar menaati peraturan dan ketentuan ketika berada di tanah suci mekkah selama kegiatan ibadah haji berlangsung. Diharapkannya, seluruh JCH yang berangkat dapat menjadi haji yang mabrur.
 “Seluruh peserta diharap menaati peraturan ketika ibadah haji berlangsung, semoga menjadi haji yang mabrur,” harap Abdurrahman.
 Rencananya, seluruh JCH yang berangkat akan sampai di Embarkasi Palangkaraya.Yang kemudian akan dilanjutkan terbang ke Banjarmasin untuk keberangkatan menuju tanah suci Mekkah di Arab Saudi.(Metro7/MJ/Sgt)