TANJUNG – Visi misi pemerintah kabupaten Tabalong untuk menuju kabupaten yang agamis, sejahtera dan mandiri telah ditetapkan 12 program prioritas, salah satunya adalah menciptakan 5000 wira usaha baru melalui berbagai kegiatan pendiidkan dan latihan keterampilan yang dijalankan oleh dinas terkait yaitu Dinas Sosial dan Tenaga Kerja dan sampai saat ini realisasinya sudah mencapai 4000 lebih wira usaha baru yang dicetak oleh Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, dari hasil tersebut telah banyak wira usaha baru yang membuka kegiatan usaha sesuai keterampilan yang didapatnya dan banyak pula yang bekerja di perusahaan-perusahaan swasta bahkan di lembaga dan instansi pemerintah.
Penciptaan wira usaha bar uterus diprogramkan setiap tahun, dan pada bulan Ramadhan tahun ini sasaran kegiatan pelatihan keterampilan adalah untuk ibu-ibu rumah tangga, ada 8 paket pelatihan keterampilan yang masing-masing paket 16 orang, yang jumlah keseluruhan 288 orang.
 Hal tersebut dijelaskan Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja kabupaten Tabalong H.Yuhani saat dijumpai awak Metro7 di ruang kerjanya, Selasa (21/06) baru tadi Senin (20/06) tambahnya dibuka pelatihan kursus kecantikan bagi ibu-ibu rumah tangga di kelurahan Belimbing kecamatan Murung Pudak.
 Dengan program kegiatan pendidikan dan pelatihan yang terus dilaksanakan baik melalui dana APBD maupun dana APBN diharapkan pada tahun 2017 nanti 5000 wira usaha baru bisa tercapai.
 Kemudian untuk penyaluran raskin gratis dalam bulan Ramadhan tahun ini pada awal bulan puasa telah dibagikan kepada 10.050 KK se kabupaten Tabalong yang akan disusul seminggu sebelum lebaran Idul Fitri serta seminggu setelah lebaran, diharapkan kebutuhan beras untuk makan dan untuk zakat fitrah bisa terpenuhi bagi masyarakat keluarga miskin.
 Dalam bulan Ramadhan ini pula Dinas Sosial dan Tenaga Kerja melakukan kerjasama dengan Tim Penggerak PKK kabupaten Tabalong untuk melaksanakan kegiatan pemberian paket sembako bagi warga lanjut usia di semua kecamatan, ada 1500 paket sembako yang dibagikan ke setiap kecamatan masing-masing 125 paket. (metro7/vino)