METRO7.CO.ID, TANJUNG – Dari tahun 2014 hingga saat ini, sedikitnya Kabupaten Tabalong sudah menambah 4.000 lebih Wira Usaha Baru (WUB).

Penambahan ribuan WUB ini, berkat hasil pelatihan keterampilan yang dilaksanakan oleh Pusat Pelatihan Keterampilan Tenaga Kerja atau sering disebut Balai Latihan Kerja (BLK) yang dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja ataupun SKPD terkait setempat seperti Dinas Koperasi UKM.
Peningkatan jumlah pelaku WUB ini, juga merupakan hasil kerja dari salah satu program prioritas Bupati dan Wakil Bupati Tabalong periode 2014 – 2019 H Anang Syakhfiani dan Zony Alfianoor yakni, membuka 5.000 lapangan kerja baru bagi putera-puteri Tabalong lewat memberikan pelatihan keterampilan kerja dan permodalan usaha.

Menurut Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja pada Dinas Tenag Kerja Kabupaten Tabalong H Masruni, melalui BLK anak- anak pencari kerja atau angkatan kerja dibekali dengan berbagai pelatihan yang diselengarakan oleh BLK.

Jenis pelatihan keterampilan sendiri, kata Masruni, mulai pelatihan otomotif, elektronik, perbaikan AC, Komputer dan jurusan keterampilan lainnya.

Tujuan berbagai latihan ini, menurutnya, tidak lain adalah agar angkatan kerja di Tabalong memiliki keahlian dan keterampilan yang mampu bersaing di dunia usaha.
“Khusus bidang perluasan kesempatan kerja Kami melakukan kegiatan bimbingan teknik untuk menciptakan WUB hingga ke desa-desa,” ujar Masruni saat ditemui di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.
Bimbingan teknik ini, lanjut dia, diutamakan bagi masyarakat yang tidak punya pekerjaan misalnya para ibu rumah tangga. Dimana mereka dilatih supaya punya keahlian tersendiri sehingga bisa berusaha sendiri seperti, membuka usaha kue kering atau salon tata rias.
“Dengan berbagai program pelatihan lewat BLK serta dinas lain, Kami sangat yakin program Pemerintah Daerah dibawah kepemimpinan H Anang Syakhfiani untuk mencetak 5.000 WUB akan tercapai bahkan terlampaui,” pungkasnya. (Metro7/Via)