PARINGIN — TP PPK Kabupaten Balangan, Darma Wanita, Dinas Perlindungan Anak dan Perempuan serta Dispora mengelar silaturahmi sekaligus pembekalan terhadap finalis peserta pemilihan Nanang Galuh, Senin (11/9/) kemarin.

Dalam acara yang digelar di aula kantor Dispora Balangan ini, ketua TP PKK Kabupaten Balangan ibu Hj. Nursidah Ansharrudin diangkat sebagai Ibu Angkat (Ibu Asuh 1) bagi Nanang Galuh Kabupaten Balangan. Pemilihan istri orang nomor satu di Bumi Sanggam ini, dipilih cecara langsung oleh Kepala Dispora Balangan Rody Rahmadi Noor.

Nursidah Ansharrudin menuturkan, menjadi Nanang Galuh sering kali dikatakan identik dengan orang yang cantik-cantik (bungas-bungas),tapi itu tidak cukup untuk menjadi Nanang Galuh. Karena untuk, menjadi Nanang Galuh itu harus mempunyai wawasan luas, pengetahuan yang luas khususnya terkait Kabupaten Balangan.

Selain itu, kata Nursidah, mental yang baik dan kesantunan serta harus memiliki etika sosial yang baik, karena dengan etika tersebut Nanang galuh akan menjadi contoh teladan bagi masyarakat sekitar,” pesannya.

Sedangkan Kepala Dispora Balangan Rody Rahmadi Noor mengungkapkan, ajang pemilihan Naga patut diapresiasi karena melahirkan pemuda pemudi yang cinta akan potensi lokal, sehingga bisa turut meajukan daerah.

“Saya berharap ke depan peranan Nanang Galuh lebih dioptimalkan lagi dalam turut mempromosikan pariwisata, seni serta budaya lokal secara khusus dan daerah secara umum agar lebih dikenal oleh masyarakat luas,” harapnya.

Mengenalkan daerah, lanjut Rody sangat penting terkait pengembangan daerah khususnya berkaitan dengan agar potensi daerah yang pengembangannya bisa berhubungan dengan investor.

“Kalau orang tidak kenal daerah kita bagaimana kita bisa menarik minat orang berkunjung ke daerah kita. Megenalkan daerah inilah yang menjadi tanggung jawab kita bersama khususnya bagi para Nanang Galuh yang menjadi duta wisata,” pungkasnya. (Metro7/Sugi)